Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Butuh Kejelian Mainkan Ragam Corak di Satu Ruangan

Kompas.com - 02/12/2013, 13:10 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Memadukan beberapa corak dalam satu ruangan membutuhkan kejelian. Pasalnya, tak semua orang punya kemampuan melihat peluang menyelaraskan satu corak dengan corak lainnya.

Cara paling mudah dalam menggunakan corak adalah memadukannya dengan warna dasar. Namun, jika Anda ingin memasukkan lebih dari satu corak ke dalam interior rumah, Anda butuh saran para profesional.

Seperti dikutip dari Elle Decor, Desainer Alessandra Branca berhasil memadukan dua corak yang mungkin belum pernah Anda bayangkan sebelumnya. Branca memadukan corak tartan berukuran besar dengan corak paisley untuk kamar anak perempuan.

www.elledecor.com Smyth memilih corak seperti tumbuhan pakis dan corak menyerupai tulang ikan. Seperti dikutip Elle Decor, corak yang seperti tulang ikan bentuknya kecil, halus, dan tidak
Branca menggunakan gorden, seprai, dan sarung bantal paisley. Namun, dia juga menggunakan sarung bantal bercorak tartan.

"Ini mengenai bermain bersama grafik melawan organik, dan mencampurkan kebudayaan, antara Indian dan Eropa," ujar Branca.

Contoh kedua datang dari Matthew Patrick Smyth. Di ruang pamer yang didesain olehnya, Smyth menggunakan dua wallpaper dari Hermès.

Smyth memilih corak seperti tumbuhan pakis dan  corak menyerupai tulang ikan. Seperti dikutip Elle Decor, corak yang seperti tulang ikan bentuknya kecil, halus, dan tidak "melawan" corak wallpaper di dinding lain. Dengan kata lain, kuncinya adalah menyandingkan corak yang tegas dan lebih halus.

www.elledecor.com Kunci ketiga menurut para ahli adalah menyandingkan dua corak dengan ukuran yang sama. Desainer Caroline Cummings Rafferty menggunakan corak di dinding dan penutup jendela dalam ukuran corak yang sama, namun tampilannya berbeda.
Kunci ketiga menurut para ahli adalah menyandingkan dua corak dengan ukuran yang sama. Desainer Caroline Cummings Rafferty menggunakan corak di dinding dan penutup jendela dalam ukuran corak yang sama, namun tampilannya berbeda. Secara visual, Rafferty menyatukan wallpaper Farrow & Ball dan penutup jendela dengan headboard khusus bersulam.

Sumber: www.elledecor.com 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com