Kompas.com - 02/12/2013, 11:08 WIB
Plafon kini termasuk salah satu fitur di dalam rumah yang bisa tampil menarik. Jika dulu plafon identik dengan warna putih polos, kini berbagai pilihan tersedia untuk Anda. www.houzz.comPlafon kini termasuk salah satu fitur di dalam rumah yang bisa tampil menarik. Jika dulu plafon identik dengan warna putih polos, kini berbagai pilihan tersedia untuk Anda.
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Plafon kini termasuk salah satu fitur di dalam rumah yang bisa tampil menarik. Jika dulu plafon identik dengan warna putih polos, kini berbagai pilihan tersedia untuk Anda.

Anda bisa tetap menggunakan warna putih, namun membuatnya tampak "turun" dengan plafon dan permainan cahaya. Anda juga bisa memilih warna lain, bahkan tekstur lain dengan memanfaatkan kayu atau gipsum. Jadi, jangan lupakan plafon Anda dan gunakan solusi lain pewarnaan plafon agar rumah tampak menarik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sering sekali kita melupakan plafon," ujar desainer Deborah Wecselman kepada Elle Decor.

www.houzz.com Jika Anda menghindari plafon dengan banyak ornamen, gunakan saja cat tembok untuk mewarnai plafon. Desainer Matthew Patrick Smyth, seperti dikutip dalam Elle Decor, memilih menggunakan warna biru untuk plafon.
"Anda bisa membuat pernyataan desain mencolok dengan menggunakan wallpaper atau cat tembok di plafon. Namun, jika Anda melakukan hal ini, pastikan Anda membuat dinding tetap sederhana," ujarnya.

Anda memang sangat bisa berkreasi dengan plafon. Namun, jika plafon sudah tampak ramai, jangan menambahkan banyak aksen pada dinding Anda. Biarkan dinding dilapisi dengan warna, tanpa corak atau banyak ornamen. Carilah warna dinding yang mampu melengkapi warna plafon Anda.

Elle Decor juga menyebutkan alternatif lain dalam mewarnai plafon. Jika Anda menghindari plafon dengan banyak ornamen, gunakan saja cat tembok untuk mewarnai plafon. Desainer Matthew Patrick Smyth, seperti dikutip dalam Elle Decor, memilih menggunakan warna biru untuk plafon.

www.houzz.com Plafon kini termasuk salah satu fitur di dalam rumah yang bisa tampil menarik. Jika dulu plafon identik dengan warna putih polos, kini berbagai pilihan tersedia untuk Anda.
"Saya mungkin satu-satunya yang mengetahui hal ini, namun nuansa biru (pada cat tembok berwarna Blue Veil merk Benjamin Moore) membuat saya memikirkan langit," ujar Smyth.

Menurutnya, memilih cat tembok ini adalah cara subliminal untuk mengarahkan orang pada keterbukaan. Tentu, karena asosiasinya pada langit.

Namun, jika biru masih terkesan terlalu lembut, cobalah menggunakan warna terang. Jangan ragu menggunakan warna kuning, coklat, atau warna lain yang mampu berintegrasi dengan furnitur di ruangan tersebut. Mewarnai salah satu area dengan warna terang seperti ini juga mampu "membagi" ruangan tanpa sekat.

www.houzz.com Plafon kini termasuk salah satu fitur di dalam rumah yang bisa tampil menarik. Jika dulu plafon identik dengan warna putih polos, kini berbagai pilihan tersedia untuk Anda.
"Saya sering menggunakan warna di plafon, warna tunggal atau corak. (Warna di plafon) mampu berfungsi sebagai titik fokal. Misalnya, di atas meja makan di ruang makan berukuran besar. Sebuah blok warna di plafon dengan cepat mampu menangkap mata Anda dan memberikan kepribadian instan pada satu ruangan," ujar desainer Wade Allyn Hallock.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.