Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dengan "Wallpaper", Apartemen Mungil Bisa Tampil Centil!

Kompas.com - 30/11/2013, 16:28 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Menggunakan wallpaper atau kertas pembungkus dinding yang penuh corak mungkin tidak terpikir bagi pemilik hunian berukuran kecil. Percayalah, corak yang ramai ternyata mampu membuat ruangan berukuran mungil "bersinar" di antara ruangan lainnya. Selain itu, corak juga tidak hanya bisa didapat dari pemasangan wallpaper.

Mengutip Apartmenttherapy.com, corak bisa dimasukkan ke dalam ruangan kecil dalam bentuk lapisan furnitur, gorden, selimut, dan berbagai ornamen lainnya. Memasukkan corak ke dalam sebuah ruangan akan segera membuatnya menjadi pusat perhatian. Karena itu, pastikan Anda benar-benar menyukai corak pilihan Anda.

www.houzz.com Jangan lupa, tekstur material juga termasuk corak. Jadi, pertimbangkan betul-betul pemilihan material dan corak untuk ruangan Anda!
Setelah menemukan corak yang Anda sukai, cobalah bermain dengan ukuran corak. Menggunakan corak dengan bentuk sangat kecil atau terlalu besar, masing-masing mampu memberikan efek tersendiri. Salah satunya bahkan mampu membuat ruangan terasa lebih besar.

Selanjutnya, gunakan warna untuk mengarahkan nuansa di dalam ruangan tersebut. Warna terang mencolok mampu membuat ruangan terasa energik, sementara warna lembut lebih menenangkan. Padukan warna dan corak untuk mendapatkan ruangan yang Anda inginkan.

www.houzz.com Gunakan warna untuk mengarahkan nuansa di dalam ruangan tersebut. Warna terang mencolok mampu membuat ruangan terasa energik, sementara warna lembut lebih menenangkan. Padukan warna dan corak untuk mendapatkan ruangan yang Anda inginkan.
Jangan lupa, tekstur material juga termasuk corak. Jadi, pertimbangkan betul-betul pemilihan material dan corak untuk ruangan Anda!

www.houzz.com Namun, jika Anda tertantang untuk menggunakan beberapa corak sekaligus, batasi hingga tiga corak dalam satu ruangan. Corak pertama yang besar dan pengambil perhatian, corak kedua sebaiknya punya warna hampir serupa dengan salah satu orang lainnya namun berukuran lebih kecik, dan untuk corak ketiga, gunakanlah warna pelengkap dan tekstur netral dalam skala lebih kecil.
Namun, jika Anda tertantang untuk menggunakan beberapa corak sekaligus, batasi hingga tiga corak dalam satu ruangan. Corak pertama yang besar dan pengambil perhatian, corak kedua sebaiknya punya warna hampir serupa dengan salah satu orang lainnya namun berukuran lebih kecik, dan untuk corak ketiga, gunakanlah warna pelengkap dan tekstur netral dalam skala lebih kecil.

Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com