Kementerian PU Targetkan 92,5 Persen Kondisi Jalan Mantap

Kompas.com - 26/11/2013, 19:55 WIB
Ilustrasi jalan tol di atas laut Muhammad HasanudinIlustrasi jalan tol di atas laut
Penulis Latief
|
EditorLatief
JAKARTA, KOMPAS.com - Hingga akhir 2013 ini Kementerian Pekerjaan Umum melalui Direktur Jenderal Bina Marga menargetkan 92,5 persen kondisi jalan berada dalam kondisi mantap. Untuk mencapai target itu dilakukan sejumlah program, yaitu preservasi jalan sepanjang 33.416 km, preservasi jembatan sepanjang 326.185 m, peningkatan kapasitas jalan yang terdiri dari rekonstruksi dan pelebaran sepanjang 4.136 km.

Dirjen Bina Marga Kemenpu Djoko Moerjanto mengatakan, target dan upaya pencapaiannya itu dirancang untuk mempercepat program konektivitas nasional. Untuk itu, selain preservasi dan pemeliharaan, pihaknya juga melakukan pembangunan jalan baru sepanjang 364 km, pembangunan jembatan sepanjang 10.490 m, dan pembangunan flyover/underpass sepanjang 4.887 m.

Selain menangani 38.570 km jalan nasional, pemerintah juga menangani jalan strategis nasional sepanjang 11.577,807 km di Kawasan Strategis, Kawasan Perbatasan, dan Wilayah terluar/terdepan.

"Untuk jalan tol yang telah terbangun dan beroperasi sampai tahun ini mencapai 784 km," tuturnya dalam siaran pers di Jakarta, Selasa (26/11/2013).

Salah satu pencapaian tersebut adalah pembangunan Jembatan Kelok 9 yang terdiri dari enam jembatan dengan total panjang 943 m dan jalan sepanjang 2,089 Km. Djoko mengatakan, Jembatan Kelok 9 dibangun untuk mewujudkan domestic connectivity antara wilayah di pantai timur Sumatera dengan pegunungan di wilayah barat Sumatera.

"Prioritas pekerjaan dilakukan sesuai direktif presiden dalam meningkatkan konektifitas nasional sesuai Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI)," kata Djoko.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X