Kompas.com - 21/11/2013, 15:54 WIB
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief
KOMPAS.com — Kurangnya akses pada sanitasi dan toilet merupakan hal serius, terutama di negara-negara berkembang. Dari sekadar ketidaknyamanan, hal ini mampu menimbulkan lebih banyak masalah, bahkan menyebabkan kematian.

Terkait hal itu, saat ini Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan satu hari khusus untuk menyadari besarnya masalah sanitasi dunia. PBB secara resmi menetapkan Selasa (19/11/2013) lalu sebagai Hari Toilet Dunia. Masalah ini memang tidak sepele, tetapi ada sisi lebih ringan untuk melihat pentingnya sanitasi di dunia.

Toilet merupakan salah satu unsur penting yang harus ada di setiap rumah dan gedung publik. Meskipun penting, toilet juga membuka kesempatan bagi pemiliknya untuk berkreasi. Kreasi tersebut seperti ditampilkan Huffington Post yang memublikasikan toilet-toilet unik dari seluruh dunia berikut ini:

www.huffingtonpost.com/AP Toilet bernama Toilet Bike Neo ini dimodifikasi hingga membentuk motor. Kotoran yang dihasilkan oleh pengendaranya akan diubanh menjadi bahan bakar biogas.
Toilet Red Light District

Toilet pertama yang tidak hanya penting keberadaannya, tetapi juga tidak lazim penempatannya adalah toilet umum di Red Light District Amsterdam, Belanda. Toilet khusus laki-laki ini memaksa penggunanya buang air kecil di muka publik. Menariknya, toilet yang sangat terbuka ini justru berhasil membuat kondisi Red Light District jauh lebih bersih dari sebelumnya.

Toilet motor

Toilet kedua berasal dari Jepang. Sama seperti toilet di Amsterdam, penggunanya pun didorong untuk menggunakan toilet ini di muka publik.

Namun, buang air besar di muka publik bukan inti dari toilet tersebut. Toilet bernama Toilet Bike Neo ini dimodifikasi hingga membentuk motor. Kotoran yang dihasilkan oleh pengendaranya
akan diubah menjadi bahan bakar biogas.

www.huffingtonpost.com Toilet unik lain yang layak disimak adalah Fish 'n' Flush Toilet. Toilet ini punya dua wadah air, satu wadah untuk mengguyur kloset, wadah lain digunakan sebagai akuarium.
Toilet akuarium

Toilet unik lain yang layak disimak adalah Fish 'n' Flush Toilet. Toilet ini punya dua wadah air, satu wadah untuk mengguyur kloset, wadah lain digunakan sebagai akuarium.

Sayangnya, toilet sekaligus akuarium ini kini tidak lagi tersedia. Lewat situs resminya, Aqua One menyatakan bahwa siapa pun yang menginginkan toilet ini harus rela menunggu hingga perusahaan tersebut kembali memproduksinya.

Nah, selamat Hari Toilet Sedunia!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.