Kompas.com - 21/11/2013, 10:54 WIB
Penulis M Latief
|
Editor M Latief

KOMPAS.com - Sinato, sebuah studio desain di Jepang, telah merenovasi Tama N, apartemen berusia dua puluh lima tahun di Tokyo. Apartemen untuk pasangan yang sudah menikah itu diubah dari hunian konvensional menjadi serangkaian ruang fungsional dan elegan.

Sinato benar-benar mendefinisikan apartemen ini lewat pemakaian dinding kayu tunggal. Mereka memasukkan partisi di sepanjang unit apartemen itu sehingga masing-masing ruangan punya karakter tersendiri dengan fungsi berbeda-beda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tampaknya, dengan pemakaian partisi itu, Sinato berhasil mengubah persepsi ruang untuk individu dan kolektif melalui berbagai bukaan pada dinding fasadnya. Pintu masuk yang sebelumnya gelap dan "tidak ramah" dibuat lebih panjang. Posisi lantainya dibuat turun atau lebih rendah sehingga memungkinkan cahaya alami masuk melalui jendela yang berdekatan.

Kondisi apartemen itu kini benar-benar berubah total. Desain baru dari Sinato ini benar-benar menawarkan pemandangan lebih elegan dan dekat dengan dunia luar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.