Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Dekorasi dan Perawatan, Dengarkan Nasihat Ibu Anda!

Kompas.com - 07/11/2013, 17:40 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Para ibu punya cara ampuh, yang sebagian belum terbukti secara ilmiah mampu menyelesaikan berbagai masalah di rumah. Namun, ada beberapa kebiasaan lain yang kini justeru sudah terbukti secara ilmiah.

Para ibu senang menaruh tanaman di rumah. Sebagian hanya senang melihat tanaman berwarna hijau mempercantik interior rumah, sebagian lainnya menganggap adanya tanaman hijau mampu menyehatkan penghuni rumah.

Ternyata, tanaman hijau memang mampu membersihkan udara di dalam rumah. Menurut blogger Bruce Lubin, seperti dikutip Huffington Post, pohon karet, bambu, ficus, gerbera aster, English Ivy, peace lily, dan philodendrons mampu melakukan hal ini.

www.shutterstock.com Untuk menghemat kain bersih para ibu suka menggunakan koran bekas. Ternyata, hal ini juga menjadi rahasia para pemilik toko dan restoran. Kertas koran mampu menyerap air dan tidak mudah terpisah-pisah. Ini jauh lebih efektif ketimbang kertas tisu dan lebih murah ketimbang kain bersih.
Kedua, untuk menghemat kain bersih para ibu suka menggunakan koran bekas. Ternyata, hal ini juga menjadi rahasia para pemilik toko dan restoran.

Kertas koran mampu menyerap air dan tidak mudah terpisah-pisah. Ini jauh lebih efektif ketimbang kertas tisu dan lebih murah ketimbang kain bersih.

Ketiga, para ibu tahu bahwa spons yang sering digunakan untuk mencuci piring pada akhirnya akan penuh dengan kuman. Untuk membunuh kuman, para ibu moderen biasanya memasukkan spons ke microwave. Ternyata, hal ini memang efektif.

Anda bisa memasukkan spons kotor ke dalam semangkuk air dengan sedikit perasan lemon. Kemudian, masukkan mangkuk tersebut ke dalam microwave bertemperatur tinggi. 

www.shutterstock.com Anda bisa memasukkan spons kotor ke dalam semangkuk air dengan sedikit perasan lemon. Kemudian, masukkan mangkuk tersebut ke dalam microwave bertemperatur tinggi.
Keempat, para ibu biasa memanfaatkan apa pun yang bisa mereka temukan untuk menanggulangi kenakalan anak-anak mereka. Jika sang anak gemar mengunyah permen karet, para ibu biasanya memanfaatkan selai kacang untuk membersihkan permen tersebut dari sepatu. Caranya, oleskan dua sendok makan selai kacang pada permen karet dan bersihkan dengan spons kasar.

Kelima, cobalah kebiasaan para ibu menutup lubang di dinding dengan sabun. Carilah sabun dengan warna yang sama dengan dinding. Lubang akibat paku atau benda mungil lainnya bisa "hilang" seketika.

Bagaimana, ini cara yang mudah namun efektif, bukan? Lain kali, dengarkan ibu Anda, karena mereka punya segudang solusi untuk Anda, dan tentu saja, tak ada salahnya dicoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com