Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Mudah Menekan Biaya Renovasi

Kompas.com - 07/11/2013, 15:57 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Tingginya harga bahan bangunan membuat Anda harus mengeluarkan banyak uang, bahkan untuk proyek renovasi kecil di dalam rumah sekali pun. Hal ini ternyata tidak hanya terjadi di Indonesia. Seperti dilansir Huffington Post, hal ini juga berlaku di Amerika Serikat.

Kontributor Huffington Post, David Bakke, memberikan beberapa cara jitu untuk menekan biaya renovasi. Simak berikut ini langkahnya: 

Pertama, pilihlah kontraktor Anda dengan bijak. Kontraktor bisa menjadi sahabat terbaik Anda dalam proyek ini, namun juga bisa menjadi "musuh" terbesar Anda.

www.houzz.com Cobalah mencari penawaran termurah. Jika Anda menemukan penawaran murah bahan bangunan, pegangan pintu, atau berbagai perlengkapan lain di internet, pertimbangkan biaya kirim dan keamanannya
Untuk memiliki kontraktor yang terpercaya, cobalah memilih orang yang sudah berpengalaman. Mintalah saran dari keluarga, kerabat, atau rekan kerja Anda. Jangan lupa, cari tahu hasil kerja mereka selama ini. Setelah memilih tenaga berpengalaman, dan yakin atas hasil kerja mereka, sesuaikan juga dengan anggaran Anda.

Kedua, belilah material yang Anda butuhkan sendiri. Dengan cara ini, Anda bisa mensurvei harga terlebih dahulu dan mencari harga termurah. Bahkan, Anda juga bisa mencari tahu harga lewat internet. Berbagai toko yang menyediakan bahan bangunan dan kebutuhan renovasi kini sudah menyediakan situs online.

Ketiga, cobalah mencari penawaran termurah. Jika Anda menemukan penawaran murah bahan bangunan, pegangan pintu, atau berbagai perlengkapan lain di internet, pertimbangkan biaya kirim dan keamanannya. Jika Anda sudah yakin, asal lebih murah dan berkualitas sama, mengapa tidak?

Keempat, tawarkan bantuan Anda pada sang kontraktor. Tidak perlu memaksakan diri melakukan berbagai pekerjaan yang belum tentu bisa Anda lakukan. Mulailah dengan hal-hal sederhana, seperti memindahkan barang-barang.

www.houzz.com Jika Anda hanya ingin memperbaiki satu ruang, tetaplah hanya memperbaiki ruang tersebut hingga selesai. Ada waktu dan dana sendiri untuk memperbaiki ruang lain dan membuat berbagai proyek lainnya.
Kelima, buatlah anggaran dan jangan melenceng dari target tersebut. Cobalah disiplin pada diri Anda sendiri. Jika Anda hanya ingin memperbaiki satu ruang, tetaplah hanya memperbaiki ruang tersebut hingga selesai. Ada waktu dan dana sendiri untuk memperbaiki ruang lain dan membuat berbagai proyek lainnya.

Keenam, siapkan biaya untuk menjalankan proyek ini. Anda bisa meminjam, atau menabung. Jika Anda tidak yakin bisa membayar pinjaman sebelum bunganya membengkak, lebih baik Anda menabung terlebih dahulu. Bila perlu, siapkan akun bank terpisah khusus untuk proyek renovasi. Dengan cara ini, Anda bisa memisahkan kebutuhan biaya kebutuhan sehari-hari dengan biaya khusus untuk renovasi.

Selamat merenovasi!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com