Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ah, Siapa Bilang Harus Setia dengan Aturan Desain?

Kompas.com - 07/11/2013, 17:03 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com — Anda sudah tahu bahwa Anda tidak harus mewarnai plafon dengan warna putih untuk membuat ilusi ruang menjadi lebih luas. Anda pun mungkin sudah yakin bahwa menggunakan warna-warna bernuansa gelap untuk aksen dinding dan furnitur tidak akan terkesan muram jika ruangan tersebut penuh sinar matahari. Namun, jika saat ini masih mendengar berbagai "aturan" dalam mendesain seperti itu, mungkin beberapa hal berikut ini bisa membantu.

Desain unik

Monokromatik atau warna hitam putih sederhana yang elegan akan segera cocok bagi Anda pencinta desain unik. Sayangnya, ketika Anda menunjukkan rencana desain bernuansa hitam putih tersebut, keluarga dan kerabat Anda mungkin akan meragukan pilihan ini.

Hitam dan putih yang saling bertolak belakang rentan menimbulkan rasa tidak nyaman. Untuk itu, "patahkan" aturan ini dengan menggunakan pola lebih lembut dan tambahkan warna-warna netral, seperti coklat dan abu-abu. Tidak perlu dalam jumlah banyak, sedikit saja sudah cukup.

www.houzz.com Jika Anda nyaman dengan warna-warna netral, jangan takut dianggap sebagai orang yang tidak suka berpetualang, penakut, dan membosankan. Tahukah Anda bahwa warna-warna netral juga bisa tampil
Bebas tren

Cobalah bebaskan diri Anda dari tren. Kontributor Freshome.com Ronique Gibson mengungkapkan bahwa tren dan para desainer terkadang memiliki sudut pandang berbeda dalam mengikuti "peraturan" mendesain, khususnya ketika memilih warna di dalam rumah. Lebih baik, tentukan sendiri warna yang Anda suka. Pastikan warna tersebut membuat Anda nyaman.

Jika Anda nyaman dengan warna-warna netral, jangan takut dianggap sebagai orang yang tidak suka berpetualang, penakut, dan membosankan. Tahukah Anda bahwa warna-warna netral juga bisa tampil "hidup"?

Alih-alih hanya menggunakan warna krem dan coklat, cobalah mulai dengan menggunakan warna emas yang hangat, coklat karamel, dan krem kekuningan. Padukan dengan warna hitam, abu-abu, atau abu-abu kecoklatan untuk memberikan penekanan pada warna netral.

www.houzz.com Tren dan para desainer terkadang memiliki sudut pandang berbeda dalam mengikuti
Daya imajinasi

Berbeda halnya dengan kamar anak Anda. Biasanya, Anda justru terperangkap untuk menggunakan warna-warna mencolok di sana. Merah, kuning, dan biru menjadi warna yang paling umum digunakan. Padahal, ketika mendesain kamar anak, Anda bebas menggunakan warna apa pun. Namun, pastikan Anda juga menggunakan barang-barang dekorasi yang sesuai umur anak Anda untuk merangsang daya imajinasi dan keingintahuannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com