Kompas.com - 06/11/2013, 12:02 WIB
Lewat karyanya kali ini, Dominguez mengusulkan adanya pembangkit energi bersih menggunakan turbin angin, panel surya dan pembangkit energi hidrogen. www.dailymail.co.ukLewat karyanya kali ini, Dominguez mengusulkan adanya pembangkit energi bersih menggunakan turbin angin, panel surya dan pembangkit energi hidrogen.
Penulis Latief
|
EditorLatief
KOMPAS.com — Dinamai dengan "Very Large Structure", desain kota mandiri ini dibuat oleh Manuel Dominguez, seorang mahasiswa arsitektur yang berbasis di Madrid, Spanyol. Konsepnya adalah kota nomaden yang menggunakan desain seperti tank untuk bisa berkeliling dunia.

Domingues membuat Very Large Structure berdasarkan ide yang pernah diajukan hampir 50 tahun lalu oleh arsitek Inggris, Ron Herron, untuk mengembangkan konsep yang disebut dengan "Kota Berpindah" atau "Walking City". 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

www.dailymail.co.uk Konsep kota metropolis ini segala sesuatu yang diharapkan masyarakat dari sebuah kota, termasuk fasilitas olahraga, restoran, perguruan tinggi, rumah sakit, dan perpustakaan.
"Aku ingin manajemen teritorial dibangun antara materi dan energi yang akan membawa beberapa pengaruh positif," kata Dominguez kepada www.dailymail.co.uk.

"Ini termasuk upaya menyeimbangkan antara penduduk pedesaan dan kota, sebuah pembaruan lingkungan dan menawarkan pekerjaan baru," tambahnya.

Dia mengatakan, konsep kota metropolis ini adalah segala sesuatu yang diharapkan masyarakat dari sebuah kota, termasuk fasilitas olahraga, restoran, perguruan tinggi, rumah sakit, dan perpustakaan. Dalam visinya, kota nomaden ini akan menggunakan konsep sistem gerak yang digunakan untuk tank agar bisa berpindah ke daerah tempat bekerja bagi para warganya.

www.dailymail.co.uk Dominguez mengatakan bahwa fakta kota bergerak di sekitar bisa menjadi cara untuk mendorong reboisasi daripada merusak lingkungan sekitarnya.
Robot cerdas

Dalam jurnal arsitektur Archigram, Ron Herron, yang memperkenalkan ide "Walking City" kali pertama pada 1960, menyarankan untuk membangun struktur robot cerdas yang besar, dan dengan bebas bisa menjelajahi dunia. Dia mengusulkan bahwa "kota-kota berjalan" bisa terkoneksi satu sama lain untuk membentuk kumpulan yang lebih besar, bila diperlukan.

www.dailymail.co.uk
Adapun lewat "Very Large Structure", Dominguez mengusulkan adanya pembangkit energi bersih menggunakan turbin angin, panel surya, dan pembangkit energi hidrogen.

Dominguez mengatakan bahwa "Kota Bergerak" bisa menjadi cara untuk mendorong reboisasi, daripada membangun tetapi malah merusak lingkungan di sekitarnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.