Kompas.com - 04/11/2013, 17:32 WIB
Grand Quality Hotel Yogyakarta. grand quality jogjaGrand Quality Hotel Yogyakarta.
|
EditorHilda B Alexander
YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Tingkat Penghunian Kamar (TPK) Hotel berbintang 3-5 di Yogyakarta mengalami penurunan menjadi 78,4 persen selama periode Januari-Oktober 2013 ketimbang periode yang sama tahun lalu 88,5 persen. Sementara hotel melati non bintang sebesar 63,1 persen dibanding 65,4 persen tahun 2012.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Yogyakarta, Istidjab M Danunagoro, mengungkapkan, tingkat penurunan tersebut berbasis data yang dikumpulkan dari 4.200 kamar di 29 hotel anggota PHRI Yogyakarta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Anjloknya TPK disebabkan oleh tumbuhnya pasok hotel baru. Hingga akhir 2013 terdapat 7 hotel baru yang akan beroperasi di Yogyakarta. Dengan penambahan ini, maka kue pasar yang diperebutkan menjadi semakin tipis," ujar Istidjab kepada Kompas.com, Senin (4/11/2013).

Tak sebatas tujuh hotel, Yogyakarta akan menambah lebih banyak fasilitas penginapan lagi hingga tahun-tahun mendatang. Tahun ini saja, terdapat 60 proposal perijinan hotel baru berkualifikasi bintang 3,4 dan 5. Jika ijin ke-enampuluh hotel tersebut disetujui, akan menggenapi fasilitas akomodasi lainnya yang sudah lebih dulu beroperasi.

Data yang dilansir PHRI Yogyakarta menunjukkan, sebagian besar dari ketujuh hotel tersebut dikelola oleh jaringan operator domestik. Antara lain Metropolitan Golden Management (MGM), Sido Muncul Group dan Zurich Group. Sebagian lainnya dikelola oleh bendera asing yakni Accor Group, dan Swissbel Hotel Group. Sedangkan tahun 2014, sebanyak 10 hotel baru siap menyesaki kota.

Angka TPK lebih rendah bahkan diperlihatkan Badan Pusat Statistik (BPS). Selama periode Januari-September 2013 (year to date), TPK hanya 61,32 persen. Meskipun angka ini meningkat dibanding periode yang sama tahun lalu sekitar 55,49 persen.

Lamanya tamu menginap (length of stay) juga menurun menjadi 1,67 persen dari sebelumnya 1,75 persen.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.