Kompas.com - 29/10/2013, 12:15 WIB
EditorLatief
KOMPAS.com – Penggunaan sekat berupa tembok, partisi, atau lemari untuk membedakan antar area di rumah justeru akan mempersempit luasan ruang. Sirkulasi udara pun tak cukup leluasa alirannya. Split level bisa menjadi cara lain membedakan fungsi ruang.

Split level adalah istilah dalam dunia arsitektur yang digunakan pada bangunan yang di bagian tertentu memiliki ketinggian lantai setengah antara lantai dan langit-langit. Belakangan, istilah ini sering juga digunakan untuk menggambarkan adanya perbedaan ketinggian lantai walau hanya beberapa puluh sentimeter. 

www.houzz.com Cara ini dipandang cukup efektif karena selain rumah terkesan luas juga lebih hemat biaya. Biaya pembuatan tembok pembatas atau partisi bisa dialihkan dengan hanya membuat perbedaan tinggi 10—50 cm saja pada lantai.
Cara ini dipandang cukup efektif karena selain rumah terkesan luas juga lebih hemat biaya. Biaya pembuatan tembok pembatas atau partisi bisa dialihkan dengan hanya membuat perbedaan tinggi 10—50 cm saja pada lantai.

Dalam perkembangannya split level tak hanya diaplikasikan pada rumah yang berlahan sempit, namun juga pada rumah yang luas. Pengolahan lantai ini memberi kemungkinan variasi desain yang mempercantik tampilan rumah. Lantai yang dibuat naik turun, akan membuat rumah terlihat lebih dinamis.

www.houzz.com Tak hanya dari ketingginan level yang bisa dimainkan, beberapa desain dikombinasikan dengan permainan warna dan tekstur pada lantai.
Tak hanya dari ketingginan level yang bisa dimainkan, beberapa desain dikombinasikan dengan permainan warna dan tekstur pada lantai. Hal ini juga digunakan untuk mencegah terjadinya kecelakaan pada pengguna karena tersandung atau tak menyadari adanya perbedaan tinggi lantai ketika berpijak dan melangkah. Variasi juga dapat diberikan lewat pengolahan lantai dengan dinding atau plafon. (JOHANNA ERLY WIDYARTANTI)
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.