Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mumbai Patahkan Dominasi Dubai 2015!

Kompas.com - 28/10/2013, 12:42 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Tinggal di atas awan kini bukan lagi sebuah impian. Mendiami hunian di gedung dengan ketinggian menjulang angkasa, sudah menjadi realita.

Adalah Uni Emirat Arab yang menawarkan kemewahan rumah vertikal di kota-kota utamanya yakni Dubai dan Abu Dhabi. Banyaknya apartemen eksisting dan tengah dalam tahap konstruksi, menjadikan negeri petro dollar ini mendominasi dunia dalam hal hunian tertinggi yang belum tertandingi.

Namun, tak lama lagi, dominasi Dubai yang menguasai pembangunan apartemen tertinggi di dunia bakal dipatahkan Mumbai, India. Kota ini tengah mengerjakan konstruksi The World One yang merupakan apartemen mewah setinggi 442 meter.

The World One dikembangkan oleh Lodha Developers yang berkolaborasi dengan dua perusahaan berbasis di New York yakni Pei Cobb Free & Partners, dan Leslie E. Robertson Associates. Nilai konstruksi apartemen ini sebesar 424,6 juta dollar AS atau setara dengan Rp 4,4 triliun.

The World One berada di area seluas 7 hektar dengan jumlah 117 lantai. Sebanyak 300 unit apartemen ditawarkan kepada publik.

Hal menarik dari apartemen The World One adalah desainnya yang melengkung, memungkinkan penghuni di dalamnya dapat menikmati pemandangan 360 derajat kota Mumbai.

Namun, untuk saat ini, Mumbai memang harus "bertekuk lutut" pada Dubai. Kota ini merupakan kontributor apartemen pencakar langit terbanyak. Terdapat 10 apartemen setinggi di atas 300 meter, empat di antaranya berada di distrik Marina Dubai.

Awal bulan ini, konsultan aset global EC Harris, menyebut Dubai Marina merupakan rumah bagi 14 dari 20 gedung tertinggi saat ini.

Princess Tower adalah menara hunian tertinggi di dunia. Gedung ini mengangkasa 441 meter dan menjadi referensi utama kalangan atas bertempat tinggal. Lokasinya tepat di bibir pantai dengan pemandangan ikonik, Palm Jumeirah.

Apartemen tertinggi kedua adalah 23 Marina yang mencakar langit setinggi 395 meter. Disusul kemudian oleh Elite Holiday setinggi 380 meter dan The Torch 345 meter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com