Kompas.com - 28/10/2013, 12:42 WIB
The World One, apartemen setinggi 442 meter ini bakal menjungkalkan Princess Tower Dubai sebagai hunian tertinggi dunia. www.skyscrapercity.comThe World One, apartemen setinggi 442 meter ini bakal menjungkalkan Princess Tower Dubai sebagai hunian tertinggi dunia.
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Tinggal di atas awan kini bukan lagi sebuah impian. Mendiami hunian di gedung dengan ketinggian menjulang angkasa, sudah menjadi realita.

Adalah Uni Emirat Arab yang menawarkan kemewahan rumah vertikal di kota-kota utamanya yakni Dubai dan Abu Dhabi. Banyaknya apartemen eksisting dan tengah dalam tahap konstruksi, menjadikan negeri petro dollar ini mendominasi dunia dalam hal hunian tertinggi yang belum tertandingi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, tak lama lagi, dominasi Dubai yang menguasai pembangunan apartemen tertinggi di dunia bakal dipatahkan Mumbai, India. Kota ini tengah mengerjakan konstruksi The World One yang merupakan apartemen mewah setinggi 442 meter.

The World One dikembangkan oleh Lodha Developers yang berkolaborasi dengan dua perusahaan berbasis di New York yakni Pei Cobb Free & Partners, dan Leslie E. Robertson Associates. Nilai konstruksi apartemen ini sebesar 424,6 juta dollar AS atau setara dengan Rp 4,4 triliun.

The World One berada di area seluas 7 hektar dengan jumlah 117 lantai. Sebanyak 300 unit apartemen ditawarkan kepada publik.

Hal menarik dari apartemen The World One adalah desainnya yang melengkung, memungkinkan penghuni di dalamnya dapat menikmati pemandangan 360 derajat kota Mumbai.

Namun, untuk saat ini, Mumbai memang harus "bertekuk lutut" pada Dubai. Kota ini merupakan kontributor apartemen pencakar langit terbanyak. Terdapat 10 apartemen setinggi di atas 300 meter, empat di antaranya berada di distrik Marina Dubai.

Awal bulan ini, konsultan aset global EC Harris, menyebut Dubai Marina merupakan rumah bagi 14 dari 20 gedung tertinggi saat ini.

Princess Tower adalah menara hunian tertinggi di dunia. Gedung ini mengangkasa 441 meter dan menjadi referensi utama kalangan atas bertempat tinggal. Lokasinya tepat di bibir pantai dengan pemandangan ikonik, Palm Jumeirah.

Apartemen tertinggi kedua adalah 23 Marina yang mencakar langit setinggi 395 meter. Disusul kemudian oleh Elite Holiday setinggi 380 meter dan The Torch 345 meter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.