Kompas.com - 28/10/2013, 12:01 WIB
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Dominasi China dan Uni Emirat Arab sebagai negara dengan koleksi pencakar langit (supertall) tertinggi di dunia saat ini, belum tertandingi. Keduanya berada di posisi puncak. Jauh mengungguli negara-negara maju lainnya seperti Amerika Serikat dan Inggris.

China memiliki 24 gedung supertall eksisting dengan ketinggian di atas 300 meter. Sebut saja, Shanghai World Financial Center (492 meter), International Commerce Center (484 meter), Zifeng Tower (450 meter), KK100 (442 meter) dan Guangzhou International Finance Center (439 meter).

Sedangkan Uni Emirat Arab mengoleksi 20 supertall, di antaranya, Burj Khalifa setinggi 828 meter, Princess Tower (413 meter), 23 Marina (393 meter), Elite Residence (380 meter), Almas Tower (360 meter), dan JW Marriott Hotel (355 meter).

Keinginan untuk mendapat pengakuan, prestis dan demonstrasi pertumbuhan ekonomi adalah aspek kuat yang mendorong terjadinya ledakan konstruksi khususnya gedung-gedung menjulang angkasa.

Council on Tall Buildings and Urban Habitat dalam ulasannya mengatakan, kedua negara menjadi pasar yang signifikan untuk konstruksi bangunan tinggi, meskipun sempat terjadi penurunan pembangunan setelah 2008.

Ada pun, ketinggian empat bangunan tertinggi yang konstruksinya selesai pada 2012 di Dubai adalah 385 meter. Sedangkan empat bangunan selesai di provinsi Guangzhou di China rata-rata 310 meter dan lima bangunan lainnya selesai di Mekkah, Arab Saudi, rata-rata 319 meter.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CTBUH
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.