Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah "Kelamin Pria", Giliran "Koin Keberuntungan" Berdiri di China

Kompas.com - 27/09/2013, 16:11 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

GUANGZHOU, KOMPAS.com — Sebagai konsekuensi melesatnya pertumbuhan ekonomi China, semua hal yang tidak mungkin pasti terjadi dan dibangun. Termasuk di dalamnya, proyek-proyek berskala akbar. Mulai dari stadion "Bird Nest" yang membuat publik berdecak kagum, hingga pencakar langit dengan desain arsitektural yang provokatif seperti gedung surat kabar milik pemerintah, People's Daily.

Betapa tidak provokatif, desain gedung People's Daily mirip alat kelamin pria. Walhasil, bangunan ini pun kemudian menjadi bahan olokan, cibiran, dan bahkan tertawaan masyarakat dunia. Gedung People's Daily hanya satu dari sekian banyak properti dengan bentuk unik.

Gedung lain yang tak kalah unik adalah Guangzhou Yuan. Sesuai dengan nama resminya yang mengacu pada valuta Negara Panda, Guangzhou Yuan juga dijuluki "Copper Coin Building". Lokasinya berada di tepi Sungai Pearl, Guangzhou.

Konstruksinya sudah mencapai tahap akhir dan beberapa minggu lagi akan resmi beroperasi. "Coin Building" menelan dana pembangunan sekitar 159 juta dollar AS (Rp 1,8 triliun). Kendati mendapat cemoohan dari masyarakat modern China di jejaring media sosial, pembangunan gedung ini berangkat dari filosofi tradisi budaya setempat. 

Bentuk koin dipilih karena mengasosiasikan keberuntungan dan nasib baik. Terlebih lagi, lokasinya di pinggir sungai, yang menurut kepercayaan masyarakat Kanton berarti segala sesuatunya berakhir baik dan sejahtera.

Lepas dari filosofi dan keyakinan, Guangzhou Yuan memiliki ketinggian 138 meter dengan median berupa lubang di bagian tengahnya selebar 47 meter. Menurut kepala proyek, Wang Zhanshan, gedung ini akan menjadi tengara yang sulit dilupakan.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com