Kompas.com - 28/10/2013, 10:40 WIB
Tangki air bisa bergungsi ganda, selain bak penampungan juga sebagai kamar mandi. www.houzz.comTangki air bisa bergungsi ganda, selain bak penampungan juga sebagai kamar mandi.
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Sebuah rumah di pegunungan Santa Cruz, California, dimiliki oleh keluarga yang mengedepankan dua hal. Pertama, keluarga tersebut berfokus untuk menyediakan hunian yang dapat menghibur seluruh anggota keluarga. Kedua, keluarga tersebut ingin menghormati masa lalu rumah yang ditempatinya.

Oleh karena itu, keluarga ini mempertahankan drum air berukuran besar yang sudah ada di sana ketika mereka pindah. Namun, mereka mengubahnya menjadi kamar mandi.

Keluarga ini tidak bekerja sendirian. Mereka meminta bantuan kontraktor Harry Smeenk, ahli listrik, dan tukang ledeng untuk membantu mengubah drum air tersebut. Hasilnya unik, keluarga ini jadi punya kamar mandi luar ruangan dengan bentuk yang tidak biasa.

Drum air yang diubah menjadi kamar mandi tidak tampak banyak berubah. Awalnya, di bagian atap drum tersebut terdapat panel solar. Di bagian sisinya, terdapat pipa mengelilingi drum air. Selain itu, tidak jauh dari drum terdapat sebuah bedeng kecil berisi tangki air. Keluarga ini memutar drum agar bisa melubanginya tanpa perlu memotong pipa. Mereka juga melepaskan panel solar dan menggantinya dengan atap kaca cantik dengan rangka berwarna putih yang mirip payung berenda.

Keluarga ini juga meruntuhkan bedeng berisi tangki air. Mereka mengganti daerah sekeliling drum air menjadi tempat beristirahat dengan kursi besi dan berbagai tanaman hias. Uniknya, keluarga ini memutuskan untuk tidak mengubah warna cat drum air. Warna oranye kemerahan yang tampak sudah mulai menua tersebut menjadi ciri khas bagi kamar mandi luar ruangan ini.

Bagian dalam kamar mandi luar ruangan ini tampak segar. Sinar matahari bisa masuk melalui jendela di atap. Penggunaan aksen garis-garis dan kayu pada dinding kamar mandi ini, serta lantai berwarna terang pun membuatnya tampak terang. Kamar mandi ini lebih disukai oleh pemiliknya ketimbang kamar mandi yang ada di dalam rumah.

Perhatikan detil di dalam kamar mandi unik tersebut. Meski Anda tidak memiliki drum air dengan ukuran sebesar ini, Anda masih bisa mencontoh penggunaan jendela di atap, aksen kayu, serta pancuran ramping di dalam kamar mandi mungil, efisien, dan cantik ini.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.