Inilah Pemilik Properti Termewah di Indonesia

Kompas.com - 24/10/2013, 20:20 WIB
The Mulia Nusa Dua, Bali. tripadvisorThe Mulia Nusa Dua, Bali.
|
EditorHilda B Alexander
JAKARTA, KOMPAS.com — Daftar pengembang sekaligus pemilik properti berikut ini bukan sembarang. Bukan pula termasuk pemasok properti untuk memenuhi kebutuhan pasar atau biasa disebut supply driven.

Pengembang-pengembang ini merupakan pengembang elite yang hanya membangun demi kepuasan dan prestis. Ya, merekalah boutique developer yang khusus membangun properti ultramewah di Indonesia, seperti The Ritz-Carlton, Dharmawangsa Hotel, Keraton at The Plaza, Hotel Mulia, atau St Regis.

Menurut CEO Leads Property Indonesia, Hendra Hartono, pengembang kelas butik ini tak banyak jumlahnya di Indonesia. Mereka betul-betul memiliki posisi khusus dan sangat berpengaruh terhadap konstelasi properti kelas atas.

"Rekam jejak mereka tak diragukan. Portofolio yang telah dibangun menjadi referensi utama tidak saja di Indonesia, melainkan juga di mancanegara. Mereka membangun reputasi dan kekaguman pasar akan kualitas, kemewahan, prestis, dan kebanggaan melalui properti seperti ini," papar Hendra.

Nyaris seluruh properti yang dikembangkan oleh kelompok elite pengembang ini merupakan sumber pendapatan berulang atau recurring income. Oleh karena itu, mudah dimafhumi bila mereka memiliki kemampuan dan konstruksi finansial yang kuat dalam jangka panjang guna membiayai pembangunan properti sewa yang padat modal.

"Kalaupun membangun properti untuk mendapatkan development income, bisa dipastikan harga jualnya di atas Rp 5 miliar per unit. Itu pun nantinya mereka kelola dengan menunjuk operator berjaringan internasional dengan level setara," imbuh Hendra.

Berikut daftar boutique developer di Indonesia.

Grup Mulialand

Imperium bisnis ini dimotori oleh Djoko Sugiarto Tjandra. Mereka telah membangun sejumlah properti mewah yang dikenal mengubah wajah kawasan di sekitarnya dan memengaruhi pasar properti Indonesia, khususnya Jakarta. Portofolio berbagai jenis yang mereka miliki adalah Hotel Mulia Senayan, The Mulia Bali yang terdiri atas vila, resor dan hotel, perkantoran elite Wisma GKBI, Wisma Mulia, Gedung BRI II, Menara Mulia Plaza 89, Plaza Kuningan, Atrium Mulia, Mulia Business Park dan Mal, serta apartemen Taman Anggrek.

Grup Dua Mutiara

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X