Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maret 2014, Jepang Punya Gedung 300 Meter

Kompas.com - 24/10/2013, 14:36 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

Sumber CTBUH
TOKYO, KOMPAS.com - Gedung pencakar langit tertinggi di Jepang, Abeno Harukas, akan resmi dibuka pada 7 Maret 2014. Kintetsu Corporation, pengembangnya, memastikan hal tersebut setelah pencapaian tutup atap sesuai target. 

Abeno Harukas, berada di pusat bisnis Osaka. Bangunan ini dirancang memiliki ketinggian 300 meter. Jika nanti beroperasi, maka ketinggiannya mengalahkan Landmark Tower di Yokohama sebagai pencakar langit paling jangkung saat ini di Negeri Matahari Terbit itu.

Mengapa Abeno Harukas didapuk sebagai yang tertinggi, kendati Tokyo Sky Tree justru lebih menjulang yakni 334 meter? Council on Tall Buildings and Urban Habitat punya jawaban. Menurut lembaga nirlaba ini, menara penyiaran yang di atap Tokyo Sky Tree tidak termasuk dalam struktur bangunan dan tidak bisa ditempati.

Berbeda dengan Abeno Harukas yang dirancang Pelli Clarke, ketinggian struktur bangunannya hingga ke atap dan tidak memiliki menara penyiaran sebagai mahkota bangunan.

Abeno Harukas menampilkan ruang seluas total lebih dari dari 300.000 meter persegi (3,2 juta kaki persegi) dengan jumlah 62 lantai, termasuk ruang komersial, perkantoran, museum hotel, dan gerai serba ada Kintetsu dan beberapa restoran lainnya.

Gedung ini juga memiliki dek observasi yang berada di lantai 58 hingga 60 dengan tarif 15 dollar AS atau setara Rp 168.729.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CTBUH
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com