Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Edan... Jakarta Makin Diserbu Peritel Asing!

Kompas.com - 18/10/2013, 14:11 WIB
Brigita Maria Lukita

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pusat perbelanjaan di Jakarta dengan tingkat kunjungan relatif tinggi menjadi daya tarik peritel asing untuk membuka gerai-gerai perdananya di mal-mal Jakarta. Demikian paparan Konsultan Properti Cushman & Wakefield Indonesia di Jakarta, Kamis (17/10/2013).

Gerai makanan dan minuman masih mendominasi kegiatan sewa selama triwulan III (Juli-September) 2013. Gerai-gerai tersebut menempati ruang-ruang ritel pusat perbelanjaan di Jakarta.

Head of Research and Advisory Arief Rahardjo mengemukakan, pelaku usaha makanan dan minuman internasional yang membuka cabang perdananya adalah Washoku Sato di Central Park. Daya tarik pusat perbelanjaan juga mendorong beberapa peritel asing membuka cabang perdananya di Jakarta, yakni merek busana kerja iRoo asal Taiwan, TM Lewis asal Inggris membuka gerai di Pacific Place, serta H&M asal Swedia membuka gerai di Gandaria City dan Pondok Indah Mall. Desainer Emilio Pucci asal Italia dan McQ bahkan sudah membuka gerai perdana di Plaza Senayan.

Tercatat hingga akhir September 2013, tingkat hunian rata-rata pasar ritel di Jakarta mencapai 83 persen, menyisakan 669.000 m2 ruang ritel yang kosong. Total pasokan ritel di Jakarta tercatat 3,9 juta m2, meliputi pusat perbelanjaan sewa 2,7 juta m2 dan milik 1,13 juta.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com