Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/10/2013, 11:06 WIB
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Berkat China, renovasi dan ekspansi jalur kunci sepanjang 107 kilometer yang menghubungkan San Jose, Kosta Rika, ke Pantai Karibia, provinsi
Limón
 Limón, terlaksana. Hal ini dipastikan setelah Bank Ekspor-Impor China menyetujui skema pembiayaan sebesar 395 juta dollar AS atau setara Rp 4,4 triliun.

Pekerjaan infrastruktur Route 32 tersebut akan dimulai awal bulan November 2013 dengan China Harbour Engineering Company Ltd sebagai kontraktor utama. Skema pembiayaan serupa juga dilakukan China dalam mendanai konstruksi proyek Baha Mar di Bahama.

Untuk diketahui, saat ini China tengah gencar menanamkan investasi di seluruh dunia. Sebelum mendukung proyek infrastruktur ini, mereka tercatat mengalirkan dana untuk pembangunan Manchester Airport serta sejumlah proyek strategis lainnya di Inggris.

Menurut Tico Times, "Kesepakatan Kosta Rika" ini diumumkan pertama kali pada Juni lalu ketika Presiden China Xi Jinping mengunjungi wilayah itu. Namun Presiden Kosta Rika, Laura Chinchilla, baru menandatangani kesepakatan tersebut pekan lalu.

Kesepakatan pendanaan itu berlangsung selama tenor 20 tahun dengan suku bunga 3,5 persen  dengan tenggang waktu hingga empat tahun.

Pinjaman tersebut akan membantu membiayai ekspansi proyek Route 32 senilai 485 juta dollar AS (Rp 5,5 triliun). Rute ini merupakan jalur utama yang paling berkembang dan digunakan  menuju kawasan pantai barat sebagai destinasi wisata dunia. Selain untuk kepentingan pariwisata, perbaikan Route 32 akan memperlancar arus dan distribusi barang dari Pelabuhan Limón ke pusat kota.

Sebagian jalan akan diperluas dari dua hingga empat jalur dan akan mencakup 26 kilometer yang didedikasikan untuk jalur sepeda. Ekspansi juga meliputi 36 jembatan baru dan 23 penyeberangan untuk pejalan kaki.

Kosta Rika berharap Dewan Legislatif menyetujui kesepakatan tersebut, agar proses konstruksi sesuai dengan jadwal yang ditetapkan yakni dimulai pada awal bulan depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+