Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Pengalaman Pertama Anda Membuat Dek?

Kompas.com - 08/10/2013, 15:50 WIB
Latief

Penulis

KOMPAS.com - Tugas pertama memang sulit, yaitu ketika Anda mulai merencanakannya. Yaitu, apakah Anda membangun sebuah dek sebagai pekerjaan tangan sendiri atau menyewa profesional untuk membantu mewujudkan keinginan Anda ini? 

Melihat tingkat kesulitan yang ada dan mungkin membuat Anda sedikit gentar dengan pekerjaan ini, tak ada salahnya menyewa kontraktor untuk membangun dek Anda. Anda cukup ungkapkan keinginan, mengontrol si kontraktor, dan nikmati hasilnya.

www.houzz.com Dapatkah Anda hanya membangun sebuah dek di tanah? Dengan hanya satu langkah, dek seperti ini tidak akan memerlukan tangga atau pagar pelindung.
Setelah memutuskan pilihan, selanjutnya Anda harus menentukan jenis material yang sesuai dengan dek kebutuhan Anda. Dapatkah Anda hanya membangun sebuah dek di tanah? Dengan hanya satu langkah, dek seperti ini tidak akan memerlukan tangga atau pagar pelindung.

Atau, apakah Anda mencari sesuatu yang lebih rumit seperti dek dari setumpuk batu dan disokong sebuah tangga? Atau, dek lebar di ruangan besar rumah Anda dengan pintu masuk di lantai dua yang berbeda? Ini harus Anda putuskan masak-masak!

www.houzz.com Apakah Anda mencari sesuatu yang lebih rumit seperti dek dari setumpuk batu dan disokong sebuah tangga? Atau, dek lebar di ruangan besar rumah Anda dengan pintu masuk di lantai dua yang berbeda? Ini harus Anda putuskan masak-masak!
Apakah Anda atau orang lain yang akan melakukan tugas ini, Anda perlu membuat rencana bangunan dek secara rinci. Berselancar di internet atau majalah-majalah referensi pun ada baiknya untuk menambah wawasan dan pertimbangan Anda. Bila memungkinkan, Anda bisa merancang sebuah "dek virtual" sebelum mewujudkannya sebagai sebuah rancangan yang pas untuk dibangun.

Setelah itu, hitung semua kebutuhan yang akan memudahkan pekerjaan Anda, seperti peralatan dan kebutuhan materi tertentu yang Anda perlukan untuk dek Anda berdasarkan ukurannya. Dengan begitu, Anda juga bisa membuat perkiraan biayanya.

Tentu saja, perencanaan untuk membangun dek Anda bisa tampak luar biasa dengan menjawab beberapa pertanyaan kunci di atas dan memanfaatkan bantuan perangkat digital untuk merancangnya. Anda dapat memastikan bahwa dek Anda akan siap dalam waktu singkat dan dibangun untuk spesifikasi yang tepat Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com