Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unik, "Cangkang" Rumah Ini Melorot!

Kompas.com - 03/10/2013, 19:13 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Alex Chinneck, desainer asal Inggris membuat instalasi bertajuk "Dari Lutut Hidungku ke Perut Ibu Jari Kakiku" (From the Knees of my Nose to the Belly of my Toes). Seunik judul karyanya, Chinneck juga membuat instalasi yang tidak biasa.

Dia mengubah fasad sebuah bangunan yang telah ditinggalkan selama sebelas tahun. Bangunan empat lantai tersebut kini tidak memiliki dinding penutup untuk lantai teratasnya. Berkat Chinneck, fasad bangunan tersebut seolah "melorot". Bahkan, siapa pun yang melintasi rumah ini akan melihat pintu depan rumah tersebut terbaring di halaman.

Kepada Dezeen, Chinneck mengatakan, "Saya hanya merasa keinginan yang luar biasa untuk menciptakan sebuah tontonan. Saya ingin menciptakan sesuatu yang sebelumnya menjadi kepuasan sederhana dari humor, ilusi, dan teater menjadi sebuah karya seni yang bisa dimengerti dan dinikmati siapa pun yang melihatnya."

Karya instalasi ini berada di kota Margate, Inggris, tepatnya di area Cliftonville. Rumah tersebut sudah disita oleh dewan kota setempat dan akan dibangun sebagai hunian sosial. Namun, selama setahun ini belum ada langkah yang diambil oleh pemerintah setempat. Padahal, menurut Chinneck, saat ini keadaan gedung tersebut begitu mengenaskan. Hampir tidak ada penutup lantai, bagian belakangnya rusak akibat api, sementara bagian depannya rusak akibat air.

Dewan Kota Thanet telah memberikan izin bagi Chinneck untuk menggunakan properti kosong  tersebut. Namun, proyek yang mulai dari aksi "iseng" itu kemudian justru berkembang lebih mendalam. Penduduk Margate memunculkan wacana bahwa kebudayaan bisa digunakan sebagai salah satu alat regenerasi. Hal ini menyediakan konteks yang pas dan ideal bagi karya seni ini. Margate semula dikenal karena arsitekturnya. Dengan instalasi outdoor karya Chinneck, kaum muda bisa kembali menghargai keunikan arsitektur daerah tersebut.

Pengerjaan karya seni ini berjalan setelah selama 12 bulan sang seniman mengkampanyekan proyek tersebut. Chinneck menghabiskan 100.000 poundsterling atau sekitar Rp 1,8 miliar. Meski dia sendiri yang menginisiasinya, mendapat dukungan dari 10 perusahaan penyedia bahan material ternama Inggris. Mereka juga mendonasikan perangkat manufaktur dan pelayanan profesional untuk membangun fasad "melorot" tersebut. Karya unik ini akan bertahan selama setahun penuh sejak Oktober 2013 hingga Oktober 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com