Kompas.com - 25/09/2013, 13:56 WIB
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Perusahaan arsitektur asal Tokyo, mA-style Architechts membuat ekstensi pada salah satu tempat tinggal di area rural Jepang. Bangunan ekstensi tersebut menjadi semacam paviliun, rumah terpisah dalam lingkungan yang sama dengan rumah utama dan ditujukan bagi pasangan muda.

Uniknya, paviliun terpisah ini tidak memiliki dapur, kamar mandi, dan ruang hiburan. Semua fitur tersebut tergabung dalam rumah utama. Paviliun hanya berfungsi sebagai tempat tidur, beristirahat, atau menghabiskan waktu tenang.

Kayu menjadi karakter terkuat dalam rumah ini. Kayu cedar Jepang digunakan untuk menutupi sebagian lantai dan seluruh bagian plafon. Perpaduan antara aksen kayu dan warna putih membuat ekstensi ini semakin terasa lapang, terang, dan jauh dari kesan rumit.
Rumah yang digarap oleh Atsushi Kawamoto dan Mayumi Kawamoto ini berada di Kota Yaizu, Shizuoka, Jepang. Struktur terbuat dari kayu mampu membentuk bangunan dengan luas total 82,55m2. 65,99m2-nya berada di lantai dasar, sementara lantai selanjutnya hanya berukuran 16,56m2. Karena sebenarnya, paviliun ini hanya bagian kecil dalam lahan berukuran besar, yaitu 778,38m2.

Kayu menjadi karakter terkuat dalam rumah ini. Kayu cedar Jepang digunakan untuk menutupi sebagian lantai dan seluruh bagian plafon. Perpaduan antara aksen kayu dan warna putih membuat ekstensi ini semakin terasa lapang, terang, dan jauh dari kesan rumit.

www.designboom.com Kayu menjadi karakter terkuat dalam rumah ini. Kayu cedar Jepang digunakan untuk menutupi sebagian lantai dan seluruh bagian plafon. Perpaduan antara aksen kayu dan warna putih membuat ekstensi ini semakin terasa lapang, terang, dan jauh dari kesan rumit.
Desainnya juga tidak rumit. Beberapa fitur yang tersedia di dalam rumah ini juga layak disimak. Misalnya, plafon yang membentuk sekat-sekat mengikuti bentuk atap, tangga sederhana menempel pada dinding, serta adanya lantai kedua berukuran mungil. Lantai kedua ini memungkinkan pasangan yang menempatinya melihat ke lantai bawah dengan mudah.

Selain itu, ada lagi fitur penting dalam bangunan ini, yaitu akses ke rumah utama. Paviliun ini memang terpisah dengan rumah utama, namun masih ada akses di antara kedua bangunan. Untuk sebuah keluarga besar, hal tersebut penting untuk menjaga privasi, sementara di sisi lain tetap bisa mempertahankan keakraban dalam keluarga.

www.designboom.com Desainnya juga tidak rumit. Beberapa fitur yang tersedia di dalam rumah ini juga layak disimak. Misalnya, plafon yang membentuk sekat-sekat mengikuti bentuk atap, tangga sederhana menempel pada dinding, serta adanya lantai kedua berukuran mungil.
Adapun jalur penghubung yang ada di sisi barat bangunan dan menghubungkan antara rumah utama dan paviliun dihiasi dengan taman. Keberadaan taman menjadi sarana bagi pasangan muda yang menempati tempat ini untuk mempersiapkan mental bertukar tempat dari ruang pribadi ke ruang keluarga besar.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.