Penting... Kualitas Kedap dan Serap Suara di "Bioskop Rumah" Anda!

Kompas.com - 19/09/2013, 11:03 WIB
Editor M Latief

KOMPAS.com - Demi efisiensi, buat apa bersusah-susah ke bioskop, antre tiket di loket, atau menunggu jam tayang film yang disukai? Coba, pindahkan saja bioskop ke rumah Anda. Bermodal DVD, televisi atau layar berukuran lebar, dan home theater, Anda pun sudah dapat merasakan nikmatnya nonton film bak di bioskop sesungguhnya.

Untuk membuat "bioskop rumahan", tentu diperlukan ruangan khusus. Sistem akustik home theatre berbeda dengan studio musik dan ruang karaoke.

Ruang karaoke membutuhkan daya kedap akustik lebih sederhana, sementara home theatre mempunyai sifat sound proof yang mengandalkan akustik sangat baik.

Selain itu, jangan sampai dentuman suara film mengganggu aktivitas di ruang lain yang berdekatan, apalagi sampai terdengar ke rumah tetangga. Karenanya, ada dua nilai akustika yang perlu diperhatikan, yakni nilai insulation (kedap) dan nilai absorbtion (serap).

Kualitas kedap dan serap tergantung material penyusunnya. Material-material tersebut banyak dijual di pasaran, seperti fiber mineral akustik, rock wool, karpet, kain (fabric), dan panel absorber.

Aplikasinya dapat dibuat dengan urutan mulai dari tembok bata, rockwool, rangka baja ringan, multipleks, dan papan gipsum peredam suara. Finishing berupa karpet pada dinding dan lantai pun bisa ditambahkan untuk memantapkan kualitas kedap dan serap di ruang home theater Anda.

Nah, kenapa tidak dicoba?

(Rabani Kusuma Putra) 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.