Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nih...10 Bangunan yang Bertahan dari Kebakaran Hebat!

Kompas.com - 05/09/2013, 16:05 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Awal September ini, nyaris 3,5 abad silam atau tepatnya tahun 1666, terjadi kebakaran hebat di London, Inggris. Ganasnya kobaran api telah menghancurkan 13.200 unit rumah dan 87 unit dari total 109 gereja.

Kendati London hampir hangus, namun ada beberapa bangunan yang justru selamat dari kobaran api. Berikut sepuluh bangunan tersebut:

the telegraph Bangunan berikutnya dikenal sebagai
Sebuah hunian di Farringdon. Bangunan ini mampu bertahan karena terlindung oleh dinding sebuah biara di dekatnya. Dibangun antara tahun 1597 dan 1614, rumah ini disebut-sebut sebagai rumah tertua di London.

Bangunan kedua merupakan salah satu aula Elizabeth terbaik, yakni Middle Temple Hall. Aula ini terbebas dari serangan api karena perubahan arah angin. Dua kebakaran berikutnya yang terjadi pada 1677 dan 1678 justru menghancurkan sebagian besar aula yang menjadi tempat kemunculan perdana karya Shakespeare, Twelfth Night pada 1602.

the telegraph Bangunan keempat merupakan menara gereja yang menghadap The Tower of London. Gereja ini lolos dari kebakaran setelah seorang laksamana lokal memerintahkan bangunan di sebelahnya dibongkar agar api tidak menjalar sampai ke gereja.
Bangunan berikutnya dikenal sebagai "Prince Henry's Room". Lokasinya berada di Fleet Street. Fasad indahnya yang bergaya Jacobean menarik perhatian orang. "Prince Henry's Room" berhasil lolos dari kerusakan akibat api.

Bangunan keempat merupakan menara gereja yang menghadap The Tower of London. Gereja ini lolos dari kebakaran setelah seorang laksamana lokal memerintahkan bangunan di sebelahnya dibongkar agar api tidak menjalar sampai ke gereja.

the telegraph Masih di pusat administrasi kota London, konstruksi Guildhall yang dibangun tahun 1411 tetap utuh.
Masih di pusat administrasi kota London, konstruksi Guildhall yang dibangun tahun 1411 tetap utuh. Kebakaran hanya membuat sedikit kerusakan pada atapnya. Seluruh atapnya diganti pada tahun 1670 dan yang mengejutkan hingga sekarang masih kokoh.

Staple Inn termasuk bangunan yang juga bertahan dari perangkap kebakaran. Lokasinya tidak jauh dari stasiun Chancery Lane. Dibangun pada tahun 1580. Beruntung lolos dari kebakaran namun rusak berat akibat pengeboman selama perang dunia kedua.

the telegraph Staple Inn termasuk bangunan yang juga bertahan dari perangkap kebakaran. Lokasinya tidak jauh dari stasiun Chancery Lane.
Bangunan berikutnya yang tidak masuk jebakan api adalah Menara London. Api berhasil dipadamkan sebelum mencapai karya arsitektur ikonik ini. Menara London merupakan rumah bagi lebih dari enam ratus ton mesiu.

St Olave Hart Street adalah salah satu gereja terkecil di kota ini. Api diduga datang dalam radius 100 meter dari gedung, tapi sekali lagi, perubahan arah angin membuat bangunan ini selamat sampai ke tangan anak cucu.

The Seven Stars di Holborn adalah sebuah pub menawan yang dibangun pada tahun 1602, berhasil melewati api dan masih beroperasi hingga hari ini.

Rumah ibadah berikutnya adalah St Andrew Undershaft yang didirikan pada tahun 1532 dan merupakan salah satu dari beberapa gereja yang selamat dari kebakaran besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com