Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kloset "Flush" yang Makin Efisien

Kompas.com - 02/09/2013, 12:10 WIB
KOMPAS.com - Sistem flush memungkinkan penyiraman otomatis dengan satu kali gerakan oleh pengguna pada bagian tertentu dari kloset. Artinya, sistem ini lebih efisien.

Ada dua pilihan sistem flush, yaitu single flush dan dual flush. Tipe single flush ada yang menggunakan tombol dan ada juga yang menggunakan sistem tongkat ditarik ke atas. Sistem tongkat umumnya ditemui pada kloset dengan model klasik.

Tipe kedua adalah dual flush yang kini lebih sering ditemui pada toilet modern. Umumnya sistem flush ini menggunakan perbandingan 3:6 liter di mana tombol kecil mengeluarkan 3 liter air dan tombol besar mengeluarkan 6 liter air.

Namun, dengan kian maraknya isu konservasi air, sistem flush pada kloset duduk dibuat makin efisien. Beberapa produsen toilet menawarkan sistem 3:4,5 liter untuk sistem dual flush. Bahkan, dengan teknologi terbaru, kloset duduk ada yang memiliki sistem flush yang lebih irit air, yakni 2,3:4,8 liter.

Dalam menggunakan kloset duduk bersistem flush, hal yang perlu diperhatikan adalah tekanan air dan ketinggian tangki, terutama untuk kloset bertangki rendah. Pastikan tekanan air di rumah cukup agar proses flush lebih maksimal. (Aghnia Sofyan) 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com