Keunikan Spesial Menyambut 125 Tahun Jembatan Forth

Kompas.com - 30/08/2013, 10:17 WIB
Forth Bridge atau Jembatan Forth berada di atas Firth of Forth di timur Skotlandia hingga ke timur Forth Road Bridge yang menghubungkan hingga 14 km dari pusat Edinburgh. Jembatan sepanjang 2.528,7m ini dibuka untuk umum pada 4 Maret 1890 silam. www.dailymail.co.ukForth Bridge atau Jembatan Forth berada di atas Firth of Forth di timur Skotlandia hingga ke timur Forth Road Bridge yang menghubungkan hingga 14 km dari pusat Edinburgh. Jembatan sepanjang 2.528,7m ini dibuka untuk umum pada 4 Maret 1890 silam.
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief
KOMPAS.com — Forth Bridge atau Jembatan Forth berada di atas Firth of Forth di timur Skotlandia hingga ke timur Forth Road Bridge yang menghubungkan hingga 14 km dari pusat Edinburgh. Jembatan sepanjang 2.528,7 meter ini dibuka untuk umum pada 4 Maret 1890 silam.

Hingga saat ini, jembatan tersebut mengangkut lebih dari 200 kereta setiap hari antara Edinburgh dan Fife. Kini, menyambut hari jadinya ke-125, Network Rail, pemilik jembatan tersebut, berencana membuat pusat pengunjung dan ruang untuk melihat pemandangan di jembatan.

Rute khusus terebut juga akan disediakan bagi para pengunjung yang ingin "memanjat" jembatan ini. Para pengunjung akan dilengkapi dengan peralatan keamanan, terutama untuk mereka yang berminat "memanjat" hingga ke puncak menara selatan.

www.dailymail.co.uk Di menara ini, Network Rail berencana menambahkan sebuah jembatan berukuran kecil. Pihak pemilik jembatan juga merencanakan alternatif lain, terutama bagi mereka yang tidak tertarik pada olahraga ekstrem.
Di menara ini, Network Rail berencana menambahkan sebuah jembatan berukuran kecil. Pihak pemilik jembatan juga merencanakan alternatif lain, terutama bagi mereka yang tidak tertarik pada olahraga ekstrem.

Pengunjung yang enggan memanjat menara jembatan dapat menikmati pemandangan indah lewat ruang melihat pemandangan. Ruangan ini dapat dicapai dengan mengunakan elevator di sisi utara hingga ketinggian 100 meter. Ruang melihat pemandangan tersebut akan berada di bawah struktur besi masif di North Queensferry.

www.dailymail.co.uk Pengunjung yang enggan memanjat menara jembatan dapat menikmati pemandangan indah lewat ruang melihat pemandangan. Ruangan ini dapat dicapai dengan mengunakan elevator di sisi utara hingga ketinggian 100 meter. Ruang melihat pemandangan tersebut akan berada di bawah struktur besi masif di North Queensferry.
Anggaran yang mahal

Proposal yang diajukan untuk menambah fitur jembatan ini tidak main-main. Jumlahnya 12 juta poundsterling sampai 15 juta poundsterling atau Rp 200 miliar lebih. Menurut Network Rail, seperti dikutip Dailymail.co.uk, sebagian anggaran untuk pembangunan tersebut akan terkumpul dalam dua tahun mendatang.

"Setelah menghabiskan 10 tahun mengembalikan jembatan ini ke kondisi keemasannya bagi pengajuan dalam daftar warisan dunia, rencana ini akan dilakukan juga dengan menawarkan kesempatan kepada publik untuk mengunjungi jembatan dan melihatnya dari dekat untuk pertama kalinya," ujar David Simpson, Route Managing Director di dinas perkeretaapian.

Simpson tampaknya begitu antusias menanggapi rencana ini. Menurutnya, penambahan fasilitas pada jembatan mampu menambah jumlah wisatawan ke Skotlandia.



Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X