Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modal Nekad, Justo Membangun Katedral dari Kumpulan Sampah!

Kompas.com - 29/08/2013, 13:34 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber Dailymail
KOMPAS.com - Mejorada del Campo, sebuah tempat yang berjarak 19,3 km dari Madrid, mungkin tidak memiliki Basilika Santo Petrus. Namun, Mejorada del Campo memiliki katedral uniknya sendiri.

Daerah ini memiliki katedral yang dibangun sendiri oleh mantan biarawan Trappist, Justo Gallego Martinez (86). Hingga saat ini, katedral buatan Martinez itu memang belum rampung. Namun, karakter bangunannya sudah mulai tampak. Bahkan, katedral setinggi 39,9 meter ini sudah tampak memiliki sebagian kubah.

Uniknya, Martinez tidak memiliki pengetahuan apa pun mengenai arsitektur. Dia juga tidak pernah berkecimpung dalam industri konstruksi. Namun, karena merupakan karya pribadi dan devosi yang dilakukan oleh Martinez, mengulas soal katedral ini seolah juga membahas pribadi pria yang sempat bergabung dalam biara Trappist.

www.dailymail.co.uk Don Justo memanfaatkan benda apa saja untuk tujuannya ini. Sebagai contoh, dia membangun pilar-pilar hanya dengan menggunakan drum minyak.
Martinez adalah seorang yang relijius. Sayangnya, dia harus meninggalkan biara lantaran menderita tuberkolosis pada 1961. Selama sakit, dia bersumpah, jika dirinya sembuh, dia akan membangun sebuah kapel dan menamakannya Virgin Mary (Bunda Maria).

Don Justo, begitu sebutan bagi Martinez di antara orang-orang yang mengenalnya, kemudian mulai membangun kapel setelah sembuh. Don Justo menganggap tindakannya ini sebagai tindakan iman. Dia memulainya pada 1963 dan terus mengerjakannya hingga saat ini.

Namun, tindakannya tersebut bukannya tanpa kendala dan rintangan. Penduduk setempat, bahkan teman-teman Don Justo sendiri, meragukan keputusannya. Namun, Don Justo kemudian membuktikan tekadnya dan membangun tempat ibadat ini tanpa peralatan konstruksi canggih sama sekali.

www.dailymail.co.uk Don Justo memanfaatkan benda apa saja untuk tujuannya ini. Sebagai contoh, dia membangun pilar-pilar hanya dengan menggunakan drum minyak.
Don Justo memanfaatkan benda apa saja untuk tujuannya ini. Sebagai contoh, dia membangun pilar-pilar hanya dengan menggunakan drum minyak.

Selain itu, dia juga menutup salah satu kubah dengan memakai tempat makan. Semua ini Don Justro rangkai sendiri. Meski, sesekali enam keponakannya datang membantu.

Kegilaan

Devosi bagi Don Justo, tapi mungkin "kegilaan" bagi orang lain. Kreasi dan bentuk penyembahan Tuhan berdasarkan intepretasi Don Justo ini ternyata sudah menarik perhatian BBC.

Sebuah film dokumenter telah didedikasikan bagi Don Justo dan karyanya. Film tersebut berjudul "The Madman and the Cathedral" (Orang Gila dan Katedral).

www.dailymail.co.uk memabngun katedral dari sampah
Dalam film dokumenter tersebut, Don Justo mengatakan, "Ketika saya melihat apa yang sudha saya ciptakan, rasa luar biasa menyelimuti saya dan saya berterimakasih pada Tuhan. Jika saya dapat hidup kembali, saya akan bangun katedral ini, hanya saja lebih besar. Dua kali lebih besar, karena bagi saya, ini adalah tindakan iman."
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com