Kompas.com - 27/08/2013, 13:19 WIB
|
EditorHilda B Alexander
LONDON, KOMPAS.com - Sektor properti Inggris, terutama kota London, bangkit dari keterpurukan. Selama tiga tahun terakhir, penjualan rumah di kota yang dilintasi Sungai Thames ini terus menunjukkan pertumbuhan secara perlahan namun pasti. Hal ini terjadi, terutama di kawasan elit pusat kota.

Menurut hasil riset Knight Frank, pertumbuhan harga di pusat kota London didorong oleh meningkatnya penjualan. Fenomena ini juga sekaligus memicu kenaikan harga dan penjualan di beberapa kawasan lainnya di Inggris.

Ada pun kenaikan harga properti di seluruh London sebesar 8,1 persen, lebih tinggi ketimbang tahun lalu. Sementara di area premium, seperti pusat bisnis terpadu (central business district/CBD) hanya beranjak 7 persen.

Harga properti di London masih memperlihatkan kurva menanjak dengan besaran 4,8 persen selama semester I 2013 atau 60 persen melonjak jika dibandingkan dengan pencapaian pada Maret 2009.

Properti dengan rentang harga 1 juta poundsterling (Rp 16,8 miliar)-2,5 juta poundsterling (Rp 42,08 miliar) mengalami lonjakan 8,7 persen. Sedangkan properti seharga 5 juta poundsterling (Rp 84,1 miliar) meningkat 7 persen. Pertumbuhan harga terendah dicapai properti seharga 10 juta poundsterling (Rp 168,3 miliar) yakni hanya 2,6 persen selama paruh pertama 2013.

Knight Frank menyimpulkan, pertumbuhan harga masih akan terus berlanjut terutama di segmen pasar atas. Pasar masih akan menyerap lonjakan harga secara positif. Kendati di seluruh kota suku bunga tetap tinggi, namun tak memengaruhi pemohon kredit. Jumlah pemohon baru melonjak 33,9 persen.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.