Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

London Mulai Bangkit!

Kompas.com - 27/08/2013, 13:19 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Sektor properti Inggris, terutama kota London, bangkit dari keterpurukan. Selama tiga tahun terakhir, penjualan rumah di kota yang dilintasi Sungai Thames ini terus menunjukkan pertumbuhan secara perlahan namun pasti. Hal ini terjadi, terutama di kawasan elit pusat kota.

Menurut hasil riset Knight Frank, pertumbuhan harga di pusat kota London didorong oleh meningkatnya penjualan. Fenomena ini juga sekaligus memicu kenaikan harga dan penjualan di beberapa kawasan lainnya di Inggris.

Ada pun kenaikan harga properti di seluruh London sebesar 8,1 persen, lebih tinggi ketimbang tahun lalu. Sementara di area premium, seperti pusat bisnis terpadu (central business district/CBD) hanya beranjak 7 persen.

Harga properti di London masih memperlihatkan kurva menanjak dengan besaran 4,8 persen selama semester I 2013 atau 60 persen melonjak jika dibandingkan dengan pencapaian pada Maret 2009.

Properti dengan rentang harga 1 juta poundsterling (Rp 16,8 miliar)-2,5 juta poundsterling (Rp 42,08 miliar) mengalami lonjakan 8,7 persen. Sedangkan properti seharga 5 juta poundsterling (Rp 84,1 miliar) meningkat 7 persen. Pertumbuhan harga terendah dicapai properti seharga 10 juta poundsterling (Rp 168,3 miliar) yakni hanya 2,6 persen selama paruh pertama 2013.

Knight Frank menyimpulkan, pertumbuhan harga masih akan terus berlanjut terutama di segmen pasar atas. Pasar masih akan menyerap lonjakan harga secara positif. Kendati di seluruh kota suku bunga tetap tinggi, namun tak memengaruhi pemohon kredit. Jumlah pemohon baru melonjak 33,9 persen.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com