Di Tangan Ibu-ibu, Tampilan Jembatan Ini Lebih Menarik!

Kompas.com - 15/08/2013, 15:59 WIB
Ratusan rajutan yang dibuat oleh lebih dari 1.800 relawan menghias sebuah jembatan berukuran besar di Pittsburgh, Pennsylvania, Amerika Serikat. www.designboom.comRatusan rajutan yang dibuat oleh lebih dari 1.800 relawan menghias sebuah jembatan berukuran besar di Pittsburgh, Pennsylvania, Amerika Serikat.
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
www.designboom.com Ada 600 rajutan menutupi jembatan bernama Andy Warhol Bridge di utara Sungai Allegheny. Berkat proyek bernama
www.designboom.com Proyek instalasi ini merupakan salah satu bentuk penghargaan terhadap seni. Oleh karena itu, galib adanya bahwa Andy Warhol Bridge dipilih sebagai lokasi instalasi.
www.designboom.com Fasilitas publik tersebut merupakan satu-satunya di Amerika Serikat yang menyandang nama seniman sebagai namanya. Tentu, selaras dengan tujuan proyek tersebut
www.designboom.com Para relawan akan mengecek keadaan rajutan yang menempel pada Jembatan Andy Warhol. Siapa pun yang melewati jembatan ini bisa berkontribusi memonitor keadaan rajutan. Mereka menyediakan nomor telepon yang bisa dihubungi sewaktu-waktu jika terjadi kerusakan.
KOMPAS.com - Apa jadinya jika ibu-ibu bersatu dan ikut campur tangan dalam instalasi seni berskala besar? Ratusan rajutan yang dibuat oleh lebih dari 1.800 relawan menghias sebuah jembatan berukuran besar di Pittsburgh, Pennsylvania, Amerika Serikat.
 
Ada 600 hasil rajutan menutupi jembatan bernama Andy Warhol Bridge di utara Sungai Allegheny. Berkat proyek bernama "Knit the Bridge" tersebut, menara-menara yang ada di jembatan sepanjang 323 meter ini tampak hangat dan ceria menantang langit Pittsburg. Tidak hanya menara-menara besar jembatan ini, pagar di sisi jembatan juga dihias dengan menggunakan rajutan.
 
Proyek instalasi ini merupakan salah satu bentuk penghargaan terhadap seni. Oleh karena itu, galib adanya bahwa Andy Warhol Bridge dipilih sebagai lokasi instalasi. Fasilitas publik tersebut merupakan satu-satunya di Amerika Serikat yang menyandang nama seniman sebagai namanya. Tentu, selaras dengan tujuan proyek tersebut "merayakan" kesenian.
 
Laman www.knitthebridge.wordpress.com mencatat, proyek yang mulai ditampilkan pada Minggu (11/8/2013) tersebut akan terus terpasang hingga 7 September 2013 mendatang. Uniknya, pada relawan tidak hanya sekedar memasang rajutan, meninggalkannya, kemudian mengecek lagi di kemudian hari. Mereka melakukan pengecekan berkala setiap hari!
 
Para relawan akan mengecek keadaan rajutan yang menempel pada Jembatan Andy Warhol. Bahkan, siapa pun yang melewati jembatan ini bisa turut berkontribusi menjaga dan memonitor keadaan rajutan. Mereka menyediakan nomor telepon yang bisa dihubungi sewaktu-waktu jika terjadi kerusakan.

Apa yang dilakukan ibu-ibu di AS tersebut bisa ditiru juga di Indonesia. Negara ini punya beberapa jembatan legendaris yang menghubungkan antarkawasan dan merupakan media peradaban. Di antaranya adalah Jembatan Ampera di Palembang dan Jembatan Suramadu di Jawa Timur.

Bila kedua jembatan tersebut dihias seperti halnya Andy Warhol Bridge, bukan tidak mungkin, bisa menjadi "atraksi" wisata menarik dan membuat jembatan-jembatan tersebut jauh lebih "hidup".

 
 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X