Hunian Modern Jakarta Ini Diulas Media Mancanegara!

Kompas.com - 06/08/2013, 15:36 WIB
Jakarta ternyata menyimpan karya arsitektural laik apresiasi. Salah satunya, www.designboom.comJakarta ternyata menyimpan karya arsitektural laik apresiasi. Salah satunya, "Interflow House".
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
www.designboom.com Secara umum, rumah ini tampak cukup besar dengan tiga lantai. Lantai pertama digunakan sebagai ruang servis, lantai kedua sebagai ruang komunal, sementara lantai ketiga berisi kamar tidur.
www.designboom.com Rumah ini ditujukkan secara khusus bagi pasangan muda yang baru berkeluarga. Dengan nuansa modern, serta fitur-fitur yang tampak canggih dan kontemporer, tampaknya tujuan id-ea membangun bagi pasangan muda ini terlaksana.
www.designboom.com Pembagian ruang tampak sederhana, tetapi tetap menyenangkan. Ruang servis berada di lantai satu, sedangkan ruang pribadi di lantai lebih atas.
www.designboom.com Cahaya bisa masuk ke dalam rumah dengan mudah, begitu juga dengan udara.
KOMPAS.com — Siapa kira, Jakarta menyimpan segudang hunian berarsitektur unik. Salah satunya merupakan hasil karya biro arsitek id-ea yang diberi nama "Interflow House". Hunian yang diselimuti dengan warna putih tersebut begitu mencolok, terlebih jika dibandingkan dengan hunian-hunian konvensional lain di Jakarta dan di sekitar rumah ini. Tak heran bila media asing Designboom khusus mengulasnya secara rinci.

Secara umum, rumah ini tampak cukup besar dengan tiga lantai. Lantai pertama digunakan sebagai ruang servis, lantai kedua sebagai ruang komunal, sementara lantai ketiga berisi kamar tidur. Adapun luas tanah rumah ini berukuran 12 x 30 meter.

Rata-rata hunian lain di sekeliling rumah ini memiliki ukuran dan tata ruang yang hampir serupa. Hunian-hunian tersebut memiliki garasi berkapasitas dua mobil di lantai dasar yang "memakan" lebih dari setengah luas lantai dasar. "Interflow House" berbeda dari rumah-rumah lain. Bukannya memanfaatkan pintu garasi tepat di bagian muka rumah, alih-alih itu berada di pintu samping. Cara ini memungkinkan dibangunnya jalan masuk mobil, serta area taman dan ruang kosong berukuran lebih besar.

Tampilan depan "Interflow House" merefleksikan konsep segi menyudut, tetapi mengalir. Penempatan serta pengurangan beberapa ruang mampu "membuka" rumah ini terhadap  perputaran udara serta akses masuk sinar matahari. Kompleks namun sederhana, terbuka dan tertutup, transparan dan solid, besar dan kecil.

Rumah ini ditujukkan secara khusus bagi pasangan muda yang baru berkeluarga. Dengan nuansa modern, serta fitur-fitur yang tampak canggih dan kontemporer, tampaknya tujuan id-ea membangun bagi pasangan muda, terlaksana.

Melalui foto-foto yang diambil oleh Fernando Gomulya, tampak bahwa rumah yang diselimuti dengan warna putih ini memiliki pembagian ruang yang sederhana, tetapi tidak kehilangan kesan sophisticated-nya. Contohnya, kamar utama yang berada di lantai teratas. Kamar tersebut memiliki akses langsung menuju balkon pribadi. Ruang ini juga didesain agar pemiliknya bisa melihat ruang bermain anak.

Selain itu, terdapat taman, kolam refleksi, serta teras di bagian depan rumah yang menghadap ke selatan. Keberadaan fitur-fitur tersebut dapat mengurangi temperatur interior rumah. Udara yang bergerak dari timur laut masuk ke rumah dari halaman belakang melewati koridor pintu masuk samping, taman di lantai bawah, menghantam dinding air dan kolam refleksi, sembari terus mencapai arah pintu masuk.

Rumah ini dibangun dengan bahan-bahan yang tergolong mudah ditemui, material konvensional, begitu juga dengan penyelesaian yang sederhana. Namun, hasilnya luar biasa, sarat ruang dan cahaya. Cahaya bisa masuk ke dalam rumah dengan mudah, begitu juga dengan udara.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X