Kompas.com - 06/08/2013, 10:12 WIB
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
besthomedesigns.org Salah satu cara menghias dinding adalah dengan melukisnya atau mural.
IST Teknik melukis dinding bisa memadukan beberapa warna cat dinding atau stensil.
KOMPAS.com - Kesan pada dinding di dalam ruangan bergaya desain modern minimalis, adalah kaku dan beku. Ini bisa dihilangkan dengan menghiasnya. Mulai dari menggantung berbagai karya seni, hingga membuat lukisan di permukaan dinding. Jika tertarik memberikan mural atau lukisan, berikut ini beberapa ide yang bisa Anda lakukan.

Lukisan Berkelanjutan

Jika merasa mampu membuat lukisan permanen langsung di permukaan dinding rumah, Anda bisa segera melakukannya. Namun, jika tidak terlalu yakin, Anda tentu dapat menghubungi profesional. Siapa pun yang Anda percaya untuk menghias dinding rumah, Anda bisa memintanya membuat lukisan berkelanjutan.

Salah satu contoh membuat "lukisan berkelanjutan" adalah membuat pemandangan kota di keempat sisi dinding ruangan. Anda juga bisa membuat corak dengan ukuran cukup besar yang terus bersambung dari satu dinding ke dinding lainnya.

Selain membuat "lukisan berkelanjutan" di keempat sisi dinding, ada satu lagi ragam unik. Anda bisa juga melanjutkan lukisan tersebut ke plafon. Cobalah membuat lukisan abstrak bertema floral dengan menggunakan warna-warna teduh seperti putih, biru, dan krem. Biarkan lukisan tersebut tidak hanya menutupi dinding namun juga plafon.

Memanfaatkan wallpaper

Melukis langsung pada permukaan dinding pada kenyataannya tidak membuat semua penghuni rumah merasa nyaman. Alih-alih mengecat, ada berapa orang yang memilih menggunakan wallpaper. Jika Anda satu dari orang-orang semacam ini, wallpaper bisa dimanfaatkan dengan gambar menyerupai lukisan. Pilihlah wallpaper yang tidak menampilkan pola berulang, namun lebih berbentuk lukisan.

Selain itu, ada pula cara lain yang lebih sederhana. Cara ini bisa diaplikasikan di kamar anak atau bahkan kamar Anda. Anda hanya perlu mengecat dasar dinding dengan warna yang diinginkan, misalnya biru, hijau, kuning, atau merah muda. Kemudian, berikan stiker khusus dinding yang sesuai dengan warna dasar ruangan tersebut. Misalnya, stiker bernuansa hewan laut untuk dinding berwarna biru, atau tanaman dan bunga-bungaan bagi dinding berwarna hijau. Untuk kamar Anda, gunakan warna yang lebih sederhana dan netral seperti abu-abu, krem, atau putih. Kemudian, hias dengan stiker yang terkesan "lebih serius" yaitu siluet dari berbagai benda.

Mural sederhana

Terakhir, Anda juga bisa membuat ragam "lukisan dinding" sederhana. Misalnya, dengan memadukan beberapa warna cat dinding hingga membentuk "ombre" atau memanfaatkan teknik stensil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.