Kompas.com - 05/08/2013, 15:36 WIB
Merenovasi rumah jelang hari raya ini tampaknya bukan keputusan tepat. Justeru, ada baiknya Anda menunda keputusan tersebut dan mempersiapkannya dengan lebih rinci. www.houzz.comMerenovasi rumah jelang hari raya ini tampaknya bukan keputusan tepat. Justeru, ada baiknya Anda menunda keputusan tersebut dan mempersiapkannya dengan lebih rinci.
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief
KOMPAS.com — Untuk menyambut Hari Raya, umumnya penduduk Indonesia menghabiskan bonus dan penghasilannya untuk memperbaiki dan mempercantik rumah. Selain membeli berbagai perabotan baru, ada pula sebagian orang yang melakukan persiapan lebih ekstrem dengan merenovasi rumah. Anda juga termasuk di dalamnya?

Sayangnya, renovasi rumah tidak dapat dilakukan dalam semalam atau dua malam. Perlu dua hingga tiga bulan agar rumah jadi lebih sempurna. Jadi, merenovasi rumah saat ini tampaknya bukan keputusan tepat. Justru, ada baiknya Anda menunda keputusan tersebut dan mempersiapkannya dengan lebih rinci.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

www.houzz.com Ada beberapa hal perlu diperhatikan dengan jeli sebelum mulai merenovasi rumah. Hal-hal ini biasanya menjadi faktor penunda pengerjaan lantaran adanya keterlambatan pengiriman, salah model barang yang dikirim, atau jenis barang tidak sesuai dengan karakter bangunan.
Berikut ini beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan dengan jeli sebelum mulai merenovasi rumah. Hal-hal ini biasanya menjadi faktor penunda pengerjaan lantaran adanya keterlambatan pengiriman, salah model barang yang dikirim, atau jenis barang tidak sesuai dengan karakter bangunan.

Jangka waktu

Perhatikan jangka waktu pembuatan jendela dan pintu. Jendela dan pintu memiliki berbagai jenis material, bentuk, dan warna yang bisa Anda pilih. Pilihan-pilihan ini juga akan berefek pada lamanya pengerjaan. Pasalnya, jangka waktu pemesanan rangka jendela akan bervariasi tergantung pada material jendela.

Selain itu, lamanya pesanan pun akan berbeda sesuai dengan kerumitannya. Masalahnya, jendela dan pintu merupakan salah satu unsur utama pembuatan atau renovasi rumah. Jika kontraktor belum memasang jendela dan pintu, tentu mereka enggan memasang berbagai fitur interior di rumah Anda. Maka dari itu, keterlambatan pemilihan dan pengiriman jendela atau pintu akan sangat berpengaruh pada lama pengerjaan rumah Anda.

Solusi menghadapi hal ini adalah memilih jenis bentuk dan material jendela serta pintu Anda di awal proses. Bila perlu, lakukan pemesanan dua hingga tiga minggu sebelum datang waktunya bagi kontraktor Anda untuk memasang jendela.

www.houzz.com Solusi menghadapi hal ini adalah memilih jenis bentuk dan material jendela serta pintu Anda di awal proses. Bila perlu, lakukan pemesanan dua hingga tiga minggu sebelum waktu kontraktor Anda memasang jendela tiba.
Pemilihan material

Sebelum mulai pengerjaan, pertama-tama pilih dahulu jenis lantai Anda. Pemilihan awal ini akan memudahkan Anda.

Alasan pertama, ada waktu yang dibutuhkan oleh pemasok ubin atau lantai kayu hingga lantai tersebut sampai ke rumah Anda. Kedua, kontraktor Anda membutuhkan penyesuaian pada permukaan lantai rumah Anda sebelum ditutupi oleh ubin atau lantai kayu.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.