Kompas.com - 26/07/2013, 18:08 WIB
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Sebuah konstruksi mungil tampak janggal berada di tepi danau di Perancis. Warnanya putih, kontras dengan dedaunan hijau dan air danau yang juga berwarna kehijauan.

Sepintas diperhatikan, konstruksi tersebut mampu menimpulkan rasa penasaran. Pasalnya bentuknya menyerupai awan. Apa yang "awan" lakukan di tepi danau?

"Awan" tersebut ternyata sebuah kabin penginapan dengan nama "Le Nuage", sebutan "awan" dalam bahasa Perancis. Seperti namanya, Le Nuage merupakan kabin penginapan mungil berbentuk awan di tepi danau di barat daya Prancis karya desainer asal Prancis, Zébra3/Buy-Sellf.

www.dezeen.com Rumah peristirahatan mungil ini tepatnya berada di Lormont, di luar Bordeaux di Barat Daya Perancis. Secara khusus, Le Nuage didesain bagi Urban Community of Bordeaux (CUB).
Rumah peristirahatan mungil ini tepatnya berada di Lormont, di luar Bordeaux di Barat Daya Perancis. Secara khusus, Le Nuage didesain bagi Urban Community of Bordeaux (CUB).

Semula, Le Nuage didesain hanya sebagai instalasi seni semata. Dari situs resminya, perusahaan desain Zebra3/Buy-Sellf menyatakan bahwa proyek ini pada awalnya dibangun untuk panOramas 2010. Kini, karya seni tersebut justeru digunakan sebagai tempat peristirahatan bagi turis-turis.

www.dezeen.com Kabin ini dibuat dari kayu lunak, tripleks, plexiglas, dan kaca-plastik yang diperkuat dengan serat. Di dalamnya hanya ada tempat tidur, tanpa listrik sama sekali.
Dezeen mempublikasikan komentar sang desainer sendiri mengenai kabin tersebut. "Tidur di dalam pondok bergaya komikal merupakan pengalaman urban yang unik," ujar Zebra3.

www.dezeen.com Di dalamnya hanya ada tempat tidur, tanpa listrik sama sekali. Sekilas, bahan-bahan pembuatnya membuat Le Nuage seolah menjadi konstruksi semi permanen yang mampu ambruk kapan saja.
Kabin ini dibuat dari kayu lunak, tripleks, plexiglas, dan kaca-plastik yang diperkuat dengan serat. Di dalamnya hanya ada tempat tidur, tanpa listrik sama sekali. Sekilas, bahan-bahan pembuatnya membuat Le Nuage seolah menjadi konstruksi semi permanen yang mampu ambruk kapan saja. Namun, ternyata kabin ini bahkan mampu menampung sampai tujuh orang.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.