Kompas.com - 25/07/2013, 20:20 WIB
Printer tiga dimensi mampu mengubah cara manusia modern memandang masa depan. Pasalnya, kemungkinan yang ditawarkan oleh mesin cetak tiga dimensi tidak terbatas. Seperti pembuatan furnitur, dan berbagai peralatan lainnya. www.designboom.comPrinter tiga dimensi mampu mengubah cara manusia modern memandang masa depan. Pasalnya, kemungkinan yang ditawarkan oleh mesin cetak tiga dimensi tidak terbatas. Seperti pembuatan furnitur, dan berbagai peralatan lainnya.
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander

www.designboom.com Furnitur berupa lampu meja dan kursi mungil buatan Grishko terbuat dari kaca fiber dan resin.

www.designboom.com Furnitur yang ditenun dibuat dengan cara seperti memintal benang kaca fiber pada cetakan.
KOMPAS.com - Printer tiga dimensi mampu mengubah cara manusia modern memandang masa depan. Pasalnya, kemungkinan yang ditawarkan oleh mesin cetak tiga dimensi tidak terbatas. Mulai dari barang-barang berukuran kecil seperti patung, sepatu, hingga gedung dan hunian pun suatu saat dapat dibangun dengan bantuan mesin cetak ini. Setidaknya, saat ini penemuan tersebut memudahkan seseorang menciptakan berbagai produk tanpa bantuan sistem produksi massal.

Salah seorang lulusan Shenkar College of Engineering and Design di Israel, Andrey Grishko mengungkapkan, open source dan 3D printing merupakan bagian dari set perlengkapan yang memungkinkan desainer masa kini beroperasi seperti pabrik mikro.

Grisko membuktikan ucapannya sendiri lewat karya berupa furnitur "tenunan". Furnitur berupa lampu meja dan kursi mungil buatannya terbuat dari kaca fiber dan resin. Selain produknya, lulusan jurusan desain industri di Tel Aviv tersebut juga mendesain sebuah mesin khusus untuk membuat furnitur hasil desainnya.

Furnitur yang ditenun dibuat dengan cara seperti memintal benang kaca fiber pada cetakan. Sebelum dipintal, kaca fiber tersebut direndam terlebih dahulu dengan resin yang telah diberi pewarna. Agar prosesnya mudah dan efisien, pemintalan dilakukan dengan lengan robot.

"Metode ini memungkinkan desain produk yang ramping, ringan, kuat, dan dapat diperbanyak," imbuh Grishko.

Grishko mengembangkan proyek ini ketika belajar di Shenkar College of Engineering and Design. Ia mendapat bimbingan dari Pini Leibovich. Setelah lulus, ia mendirikan AndreyANdShay bersama rekannya, Shay Nifusi.

Secara umum, mesin cetak tiga dimensi dapat mewujudkan pembuatan secara massal barang-barang unik dengan detil sulit. Contohnya, pembuatan sarang tawon berbagai bentuk seperti yang sudah dilakukan oleh pembuat whiskey Dewar's. Untuk pembuatan saran tawon tersebut, Dewar's bekerja sama dengan Sid Lee Creative Studio, dan The Ebeling Group. Cara mencetak ini pun dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan lain, seperti keperluan medis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.