Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

London yang Ini Bukan Ibu Kota Inggris....

Kompas.com - 15/07/2013, 17:32 WIB
Tabita Diela

Penulis


KOMPAS.com -
Desainer Mieke Harde (26) asal Jerman memperkenalkan koleksi lemari pakaian dari tekstil, bernama "London". Dalam koleksinya ini, Mieke tidak menggunakan bahan-bahan konvensional dalam pembuatan lemari. Ia justru menggunakan bahan yang terkesan ringan dan temporer.

Menurut Mieke, sebenarnya penggunaan dinding-dinding tebal bagi pakaian tidak terlalu perlu. Pasalnya, dinding-dinding lemari hanya berfungsi sebagai pelindung pakaian dari debu. Hal ini dapat dicapai dengan menggunakan "dinding" dari tekstil. Karena alasan itulah, Mieke menggunakan material berupa tekstil.

Dalam koleksi "London", ia menampilkan tiga lemari dan satu tempat duduk dalam desain dan warna yang berbeda-beda. Semua perabot buatannya memiliki warna pastel yang lembut.

Lemari berwarna ungu yang terbuat dari serat organik mengadaptasi prinsip "pintu geser". Mekanisme "bukaan" lemari tersebut memanfaatkan karet. Tinggi lemari ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Karena memiliki permukaan rak di dalamnya, lemari ini dikhususkan untuk menyimpan baju-baju seperti kemeja, kaos, atau celana dan rok yang dilipat. Selain itu, sebuah kaca berbentuk lingkaran juga dapat dipasang pada lemari ini.

Berbeda dengan lemari berwarna ungu, sebuah lemari berwarna krem khusus digunakan untuk menggantung kemeja-kemeja atau gaun. Bagian bawahnya sengaja dibuat terbuka agar gaun-gaun panjang dapat digantung dengan mudah.

Lemari terakhir berwarna hijau mint memiliki tinggi yang tidak jauh berbeda dengan lemari berwarna krem. Bedanya, lemari ini berisi kantung-kantung untuk menyimpan benda-benda berukuran kecil atau pakaian dalam, kaus kaki, syal, dan aksesoris lainnya.

Majalah Hotel & Technologie dari Jerman menulis bahwa produk ini merupakan "Penarik mata yang fleksibel: seolah kayu oak tidak pernah ada, tempat penyimpanan pakaian buatan Meike Harde memadukan keringanan luar biasa dengan gaya individual."

Sementara itu, dalam situs resminya, Mieke memiliki deskripsi tersendiri atas karya-karyanya. Secara konsisten, Mieke mendedikasikan karyanya pada material tekstil atau aplikasinya. Karena itu, ia mencoba untuk memikirkan kembali teknologi manufaktur dan konstruksi. Ia mempelajari perilaku beberapa material untuk kemungkinan pembuatan perlengkapan rumah tangga, lampu, atau furnitur lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com