Kompas.com - 21/07/2013, 12:51 WIB
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Para ahli, bankir, dan pengembang sepakat bahwa saat ini merupakan waktu yang tepat bagi Anda untuk membeli rumah. Pasalnya, tingkat suku bunga Kredit Pemilikan Rumah (KPR) pun tergolong cukup rendah sepanjang sejarah.

Mungkin, fakta menunjukkan bahwa memang saat ini adalah waktu paling tepat untuk membeli rumah. Namun, benarkah ini waktu yang juga tepat bagi Anda untuk mewujudkannya? 

Untuk membantu pertimbangan Anda, berikut ini beberapa pertimbangan yang diambil dari pemikiran Brendon DeSimone. DeSimone merupakan seorang realtor dan ahli real estat di Amerika Serikat. Simak berikut ini:

Tak bisa spontan

Membeli rumah tidak seperti membeli barang mewah lainnya. Anda tidak bisa membeli secara spontan. Kemungkinan besar, transaksi pembelian rumah merupakan transaksi terbesar yang pernah Anda lakukan dalam hidup. Tidak hanya karena harganya, namun juga karena fungsinya sebagai tempat tinggal dan tempat membuat kenangan bersama keluarga.

Sementara itu, dengan jumlah kebutuhan rumah tinggal yang terus meningkat tanpa didukung pasokan rumah memadai, jumlah pilihan rumah menjadi sangat terbatas. Anda belum tentu menemukan apa yang Anda cari saat ini. Belum tentu rumah-rumah yang tersedia akan cocok dengan selera dan keinginan Anda. Jika ini terjadi, tunggulah dahulu.

Untuk itu, tunggulah sampai Anda menemukan rumah yang Anda yakini akan Anda tinggali selama bertahun-tahun. Kalau bisa, Anda telah yakin akan tinggal dengan kerasan dalam lima tahun ke depan atau lebih. Jika Anda pikir tidak akan mampu mencapai lima tahun, sebaiknya pertimbangkanlah dulu menyewa rumah.

Proses

Membeli rumah adalah sebuah proses. Bisa saja, Anda membeli rumah yang tidak sesuai dengan ekspektasi Anda. Banyak orang membutuhkan waktu sekitar satu tahun hanya untuk memutuskan rumah mana yang akan mereka beli.

Pakailah waktu sebanyak yang Anda perlukan untuk menemukan rumah impian Anda. Ketika dapat, segera buat gerakan. Penawaran rumah tersebut tidak akan menunggu Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.