Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Berbeda Nikmati Radiohead di Chipotle....

Kompas.com - 20/07/2013, 16:15 WIB
Tabita Diela

Penulis


KOMPAS.com -
Musik dan suara film yang didengarkan melalui home theatre dapat dinikmati sempurna dengan dukungan sistem penyerapan suara memadai di dalam ruangan. Pemasangan bahan-bahan penyerap suara seperti gipsum khusus pada dinding ruangan, membantu agar suara dapat dinikmati dengan lebih baik. Efek papan gipsum khusus pada dinding menandakan bahwa bahan pembuat dinding sangat berpengaruh pada kualitas suara di dalam ruangan.

Lalu, apa hubungannya antara menikmati musik di rumah dengan restoran dan Radiohead? Staff editorial Houzz, Mitchell Parker, mempublikasikan sebuah artikel menarik mengenai hal-hal yang diajarkan di restoran Chipotle dan grup musik Radiohead. Artikel yang ditulisnya tersebut merupakan tanggapan dari artikel lain dari Westword.com.

Chipotle merupakan restoran bergaya modern minimalis. Interiornya dipenuhi dengan kaca, besi, dan beton. Tidak jauh berbeda dengan rumah-rumah minimalis saat ini, atau ruang-ruang apartemen.

Kedua artikel menyebutkan, Anda akan mendengar lagu-lagu Radiohead berbeda di Chipotle. Alasannya, suara tinggi dan raungan tipis dari frontman Radiohead, Thom Yorke, akan membuat kekacauan jika terpantul baja dan beton dari bangunan restoran Chipotle.

Christopher Golub, sound engineer yang bertanggung jawab pada pemilihan lagu-lagu di dalam restoran Chipotle mengungkapkan bahwa musik akan terdengar jauh berbeda, antara di dalam restoran dengan di mobil atau headphone. Usaha menyediakan pengalaman mendengarkan suara yang menyenangkan dari dalam restoran mengajarkan beberapa hal mengenai "konstruksi suara" di dalam rumah.

Tidak tanggung-tanggung, Chipotle bahkan juga menyewa arsitek akustik Matt Emmi untuk memastikan pelanggannya mendapatkan pengalaman mendengarkan suara yang menyenangkan. Berikut ini beberapa tips membuat suara terdengar baik di rumah menurut Matt Emmi.

Menurut Emmi, ruangan terbaik untuk mendengarkan musik adalah ruangan yang berbentuk seperti kotak sepatu. Bentang lebar, panjang, dan tinggi memiliki ukuran berbeda. Hindari membuat ruangan dengan bentuk kubus. Hal ini ada hubungannya dengan bagaimana gelombang suara terpantul pada permukaan ruangan.

Kedua, letakkan sound system pada ujung-ujung ruangan. Tepatnya, pada dinding yang lebih pendek. Jadi, jika ruangan berbentuk "kotak sepatu", maka letakkan di kedua sisi terpendek. Cara ini membuat suara dapat merambat, berbaur, dan terpantul pada pendengar.

Ketiga, letakkan speaker pada jarak seimbang di setiap dinding panjang. Hal ini mencegah suara dari satu pengeras suara terpantul lebih dahulu dari sumber lainnya.

Keempat, letakkan rak buku di setiap ujung-ujung ruangan. Anda juga bisa memberikan panel akustik.

Terakhir, sediakan sofa-sofa berukuran besar di dalam ruangan, serta karpet tebal. Kedua hal ini juga bertujuan untuk menyerap suara agar tidak terpantul dan memberikan gema mengganggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com