Kompas.com - 20/07/2013, 12:59 WIB
Lakukan satu pembiayaan untuk hanya satu properti. ShutterstockLakukan satu pembiayaan untuk hanya satu properti.
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com —
Investasi di sektor properti memiliki banyak risiko. Namun, bila itu dapat dikendalikan, keuntungan yang didapat juga akan berlipat.

Mengenal dan mengelola potensi "risiko" dalam berinvestasi properti sangat penting sehingga Anda tidak tersesat dalam belantara kesalahan obyek pembelian, keuangan, dan momentum. Inilah bagian yang paling penting: Anda harus mulai saat ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut saran pakar properti Amerika, Leonard Baron, agar investasi Anda di sektor properti menghasilkan keuntungan.

Mengerti keuangan

Ketika Anda membeli properti, pastikan bahwa itu adalah keputusan keuangan yang cerdas. Menyewa lebih masuk akal daripada membeli jika properti tersebut menawarkan arus kas positif dan memberikan tingkat pengembalian yang adil pada ekuitas yang diinvestasikan. Investor tidak harus membeli properti dengan arus kas negatif. Jika Anda kadung berinvestasi pada properti dengan neraca negatif, Anda mungkin akan menyadari, lebih baik menginvestasikan uang di tempat lain pada aset dengan imbal hasil yang lebih baik.

Belilah properti dalam kondisi baik

Hampir dapat dipastikan sebagian investor selalu mengeluarkan uang lebih banyak untuk memperbaiki properti-properti yang telah mereka beli. Banyak pembeli yang berpandangan bahwa hal tersebut menguntungkan; membeli properti, memperbaikinya dan menjualnya kembali dengan ekspektasi keuntungan tinggi.

Padahal, skenario tersebut jarang menjadi kenyataan, sebaliknya biasanya cerita ini berakhir tragis, yakni kehilangan uang. Hal tersebut mungkin dapat berhasil bagi kontraktor bangunan yang berpengalaman dalam memperkirakan biaya perbaikan. Akan tetapi, bagi Anda yang masih awam, kemungkinan terburuk adalah kehilangan banyak uang.

Pendanaan jangka panjang yang aman

Pastikan mengambil pendanaan jangka panjang dengan suku bunga tetap untuk membiayai sebuah properti. Cobalah melakukan hanya satu pembiayaan untuk satu pembelian dan menikmati ketenangan pikiran. Dengan begini, Anda tidak perlu khawatir tentang perubahan suku bunga di masa depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.