Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menciptakan Restoran yang Inspiratif

Kompas.com - 19/07/2013, 12:29 WIB
Tabita Diela

Penulis

BANGKOK, KOMPAS.com - Restoran di Bangkok, Thailand, yang tak disebutkan nama maupun jenis hidangannya oleh www.designboom.com ini tergolong unik. Perusahaan design Metaphor membawa kesederhanaan, memadukannya dengan ide brilian, dan menciptakan ruang makan yang inspiratif. 

Menurut perusahaan yang mengerjakan dekorasi interior restoran ini, mereka mendapatkan inspirasinya dari "rumah kaca di halaman belakang seniman". Tidak heran, karya perusahaan arsitektur Metaphor tersebut terasa seperti ruang berkreasi yang nyaman bagi seniman.

www.designboom.com Pengunjung pun disapa dengan ungkapan yang ada di lantai berbunyi
Berdasarkan foto-foto yang dirilis dalam designboom.com, restoran tersebut tampak dipenuhi oleh berbagai ornamen dekoratif bertema seni. Pengunjung dapat menemukan kertas-kertas sketsa, hingga kertas-kertas berisi partitur musik di dinding restoran. Sementara itu, ada pula dekorasi gitar listrik dan sepeda antik menghiasi beberapa sudut restoran tersebut.

Pengunjung pun disapa dengan ungkapan yang ada di lantai berbunyi "Tell me what you eat, and I will tell you what you are (Katakan padaku apa yang kau makan, dan aku akan katakan siapa dirimu)" dari Anthelme Brillat-Savarin.

www.designboom.com Pengunjung juga akan menyantap makanannya dengan ditemani oleh sinar temaram dari lampu-lampu bercahaya lembut. Beberapa lampu gantung berbentuk balon tampak menghiasi plafon ekspos. Cahaya temaram tersebut dipantulkan kembali dengan beberapa cermin di plafon.
Pengunjung juga akan menyantap makanannya dengan ditemani oleh sinar temaram dari lampu-lampu bercahaya lembut. Beberapa lampu gantung berbentuk balon tampak menghiasi plafon ekspos. Cahaya temaram tersebut dipantulkan kembali dengan beberapa cermin di plafon.

Semua dekorasi tersebut dibalut oleh konstruksi sederhana dari bata bercat abu-abu pucat, plafon ekspos, dan beton ekspos pada lantai restoran. Warna, penataan cahaya, serta penataan ruang dengan hati-hati dikoreografikan ke dalam ruang berukuran tidak terlalu besar.

www.designboom.com Restoran ini memiliki luas sebesar 140 meter persegi. Ruang-ruang di dalamnya mampu menampung 52 orang. Selain itu, ruang-ruang di dalamnya juga dapat dipisah untuk berbagai acara dan keperluan berbeda.Pembagian area ini dilakukan dengan gorden.
Restoran ini memiliki luas sebesar 140 meter persegi. Ruang-ruang di dalamnya mampu menampung 52 orang. Selain itu, ruang-ruang di dalamnya juga dapat dipisah untuk berbagai acara dan keperluan berbeda.Pembagian area ini dilakukan dengan gorden.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com