Kompas.com - 18/07/2013, 11:57 WIB
Salah satu karya delegasi Shanghai, China, berjudul www.designboom.comSalah satu karya delegasi Shanghai, China, berjudul "A True Story".
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander

www.designboom.com Delegasi Beijing, China, memajang karya berjudul

www.designboom.com Delegasi Jepang membuat

www.designboom.com Peserta dari Gaziantep, Turki, menampilkan susunan tanaman dengan judul

www.designboom.com

KOMPAS.com —
Seni memangkas tanaman hingga menyerupai satu bentuk tertentu, atau yang sering disebut dengan topiary, memang menarik perhatian. Terlebih, jika tanaman-tanaman tersebut jumlahnya banyak dan menghasilkan karya seni fantastis. Itulah yang terjadi di Quebec, Kanada, lewat acara berskala internasional, Mosaicultures.
 
Mosaicultures Internationales Montreal 2013 diikuti 200 seniman holtikultural yang berasal dari 20 negara. Kompetisi yang diadakan hingga 29 September mendatang ini menampilkan 40 karya seni skulptural. Tiap-tiap karya terbuat dari berbagai jenis tanaman yang membentuk bidang dua dan tiga dimensi. Tidak heran, dengan banyaknya jumlah peserta, acara ini didapuk sebagai acara terbesar yang "perduli terhadap alam".
 
Mosaiculture sendiri merupakan acara yang mengikutsertakan berbagai disiplin; seni menggambar, perancangan bangunan dan kerajinan tangan, pahatan sebagai rangka kegiatan, pewarnaan, serta pengetahuan ekologi untuk mengetahui cara-cara perawatan bunga-bungaan sebagai media seni. 
 
Dalam video serta pemaparan yang dipublikasikan designboom, beberapa hasil karya peserta tampak menakjubkan. Salah satu delegasi dari Shanghai, China, memajang karya berjudul "A True Story". Delegasi Beijing, China, memajang karya berjudul "Planting Plane Trees to Attract the Phoenix". Delegasi Jepang membuat "patung tanaman" berbentuk dua telapak tangan berjudul "A Dove for Peace". Hasil karya tiga dimensi lain dengan bentuk yang sangat menyerupai aslinya juga datang dari Jepang. "Hatchiko the Loyal Dog" merupakan karya yang dipersembahkan delegasi dari Tokyo (Shibuya), Jepang.
 
Tidak hanya karya berbentuk tiga dimensi, karya seni dari tanaman berbentuk dua dimensi juga menarik untuk disimak. Karya dari Gaziantep, Turki, menampilkan susunan tanaman dengan judul "Gypsy or Gaia?"

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.