Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ABC, Pusat Belanja Sekaligus Tengara Kota

Kompas.com - 02/07/2013, 09:49 WIB
Tabita Diela

Penulis


KOMPAS.com -
Jakarta boleh jadi memiliki banyak pusat perbelanjaan. Namun, tidak semuanya memperhatikan keindahan fasad, keramahan lingkungan, serta kepentingan pejalan kaki yang melintas di sekitarnya. Sebagai perbandingan sekaligus inspirasi baru atas pusat perbelanjaan, tengoklah sebuah mal di Dbayeh, Beirut, Lebanon ini.

www.designboom.com Meski tampak seperti balok-balok sederhana pada siang hari, sebenarnya pusat perbelanjaan tersebut

Situs Designboom, Sabtu (29/6/2013) lalu mempublikasikan pemugaran mal ABC di jantung kota Beirut, Lebanon. Pemugaran tersebut dikerjakan oleh firma arsitektur asal New York, Amerika Serikat, nARCHITECTS. Sebelum dipugar, pusat belanja tersebut tampak seperti bangunan lain yang dibuat pada tahun 1980-an. Namun, dengan sedikit kecerdikan, tim arsitek berhasil membuatnya tidak sekadar "baru", namun juga "penyegar mata".

Meski tampak seperti balok-balok sederhana pada siang hari, sebenarnya pusat perbelanjaan tersebut "menyimpan" detil unik dan lampu-lampu yang siap dinyalakan pada malam hari. Pejalan kaki dan pengendara yang melintas dapat melihat keindahannya.

nARCHITECTS berhasil memugarnya dengan anggaran terbatas. Di dalam gedung ini, penduduk Beirut dapat memperoleh berbagai produk fesyen kelas atas dengan mudah. Tentu, pemilik ABC ingin agar bentuk bangunan usahanya membawa "pesan" dari kualitas produk yang ia jual.

"Pesan" tersebut disampaikan oleh nARCHITECTS dengan desain "wajah baru" ABC. nARCHITECTS "menyelimuti" gedung seluas 18.580 meter persegi dengan kulit aluminium plus potongan-potongan logo ABC. Uniknya, sisa potongan kulit aluminium tersebut juga digunakan untuk menutupi gedung tambahan seluas 23.225 meter persegi.

Dengan cara ini, ABC mengurangi sampah konstruksi. Selain itu, proyek ini juga bisa mengurangi biaya operasioal. Caranya, dengan menggunakan kulit besi sebagai pengurang panas akibat cahaya matahari.

Salah satu fasad bangunan ini, tepatnya fasad bagian barat paling menonjol di malam hari. Tak berlebihan jika ABC ini dianggap sebagai landmark baru. Permukaan sepanjang 66,1 meter tersebut memiliki instalasi pencahayaan dramatis pada malam hari. Pencahayaan tersebut dipersembahkan bagi para pejalan kaki dan mereka yang melintas dari jalan layang.

Selain itu, masih di permukaan fasad bagian barat, tepatnya di antara permukaan layar aluminium berhias logo ABC, sebuah jendela besar berbentuk persegi menampilkan seisi cafe dan orang-orang yang ada di dalamnya. Sementara para pejalan kaki dapat melihat isi cafe, mereka yang sedang menyantap makan malamnya dapat melihat laut Mediterania membentang di luar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com