Kompas.com - 24/06/2013, 13:58 WIB
Penulis Tabita Diela
|
Editor M Latief

KOMPAS.com - Meski mampu menyehatkan, melakukan olah raga secara rutin seringkali dipandang membuang banyak waktu. Bagaimana jika berolah raga mampu menghasilkan energi untuk keperluan rumah tangga?

Kemungkinan besar, hal ini dapat menjadi ide bagus yang mampu "memaksa" pemilik rumah melakukan kegiatan olah tubuh sekaligus menghemat konsumsi energi dari bahan bakar fosil. Namun, sayangnya konsep tersebut masih menjadi konsep semata.


Perusahaan arsitektur asal Spanyol, Elii, baru saja membuat sebuah konstruksi non-permanen yang terbuat dari kayu ringan. Konstruksi bernama "JF-Kit House" atau "Jane Fonda Kit House" ini hanya meniru mekanisme dasar pergerakan badan manusia ketika mengerjakan pekerjaan rumah. Rumah tersebut hanya menampilkan kemungkinan di masa depan, bahwa seseorang mampu menghasilkan energi yang diperlukan dalam rumahnya dengan aktivitas fisik.


Tanpa perlu membayangkan "cita-cita" konstruksi "JF-Kit" tersebut, siapa pun dapat melihat keunikan rumah ini. Konstruksinya ringan, mudah dibongkar-pasang, sangat cocok bagi kehidupan urban yang dapat "mendompleng" bangunan manapun.

Konstruksi rumah ini secara khusus juga dibuat agar penghuninya mampu melakukan beberapa aktivitas olah fisik. Dari video yang dirilis oleh portal desain internasional www.designboom.com, tampak bahwa penghuni konstruksi ini dapat melakukan latihan untuk menguatkan tangan, lengan, betis, kaki, dan perut.


Denah konstruksi ini dibagi menjadi sepuluh bagian yang terdiri dari akses, area bekerja, teras, dapur, tatami, ruang keluarga, green house, kamar mandi, ruang cuci, dan teras. Masing-masing ruang cukup luas, terutama untuk penggunaan pribadi.

Selain penuh fasilitas berolah raga, konstruksi ini juga mampu menjadi "hiasan" lingkungan. Pasalnya, lampu-lampu LED cantik menghiasi rumah tersebut pada waktu malam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.