Punya Mal Terbesar, Cibinong Siap Saingi Kota Bogor?

Kompas.com - 20/06/2013, 11:23 WIB
Dengan luas area sewa 100,000 kaki persegi (square per meter) Cibinong City Mall (CMM) akan menjadi mal terbesar di Bogor. Mal tersebut ditargetkan beroperasi pada Oktober 2013 mendatang. Cibinong City MallDengan luas area sewa 100,000 kaki persegi (square per meter) Cibinong City Mall (CMM) akan menjadi mal terbesar di Bogor. Mal tersebut ditargetkan beroperasi pada Oktober 2013 mendatang.
Penulis Latief
|
EditorLatief
CIBINONG, KOMPAS.com — Komisaris PT Puri Wahid Pratama Denny Putra Husodo mengklaim, dengan luas area sewa 100,000 kaki persegi (square per meter) Cibinong City Mall (CMM) akan menjadi mal terbesar di Bogor. Mal tersebut ditargetkan beroperasi pada Oktober 2013 mendatang.

Tiga tenant terbesar yang bersiap menempatkan bisnisnya di mal ini adalah Carrefour, ACE Hardware, serta bioskop XXI sebanyak 8 studio. Selain itu, di kawasan ini juga akan dibangun hotel bintang 4 serta apartemen dengan fasilitas 1 to 3 bedroom.

"Kami menetapkan harga sewa yang menarik untuk membidik segmen pasar di Cibinong, yaitu hanya Rp 250.000 sampai Rp 350.000 per meter persegi," ujar Denny pada jumpa pers peluncuran superblok Cibinong City Mall di kantor pemasaran Cibinong City Mall, Cibinong, Bogor, Rabu (19/6/2013).

Saat ini, berdasarkan riset Coldwell Banker Commercial, perkembangan bisnis ritel di kawasan Jabodetabek pada kuartal dua tahun ini mengalami peningkatan signifikan, yaitu mencapai 82 persen dibandingkan periode sama tahun lalu. Peningkatan itu terjadi terutama akibat perkembangan ritel di kawasan-kawasan sub-Jakarta, seperti Bekasi, Depok, Tangerang, Bogor, dan sekitarnya.

Direktur Coldwell Banker Commercial Patrick Siwemole mengungkapkan, pertumbuhan properti sektor ritel atau pusat perbelanjaan tidak hanya semakin pesat di Jakarta, tetapi juga di kota-kota penyangga, seperti Bekasi, Depok, Bogor, Bintaro, Tangerang, dan Serpong. Sebagai ibu kota Kabupaten Bogor dengan jumlah populasi sebesar 3,4 juta jiwa dan sekitar 2.500 sentra industri, Cibinong akan menjadi kawasan pusat perdagangan dan bisnis yang dibidik oleh sejumlah investor.

"Kondisi ini tidak mengherankan jika Cibinong punya potensi besar di bisnis ritel. Tumbuhnya mal-mal di kawasan-kawasan sub-Jakarta saat ini jadi semacam tren jemput bola. Daripada harus ke mal di Jakarta, konsumen lebih baik mencari yang dekat dengan huniannya. Namun, ini tetap tidak mengurangi okupansi mal-mal yang ada di Jakarta karena terbukti masih di atas 80 persen," ujar Pieter.

Dia mengatakan, bertumbuhnya bisnis ritel di kawasan sub-Jakarta saat ini setidaknya adalah dampak dari moratorium mal di Jakarta. Pengetatan pembangunan mal tersebut membuka peluang tumbuhnya pusat perbelanjaan di Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bintaro, maupun Tangerang. Akibat dari moratorium tersebut menyebabkan tumbuhnya mal-mal skala besar dengan luas di atas 20.000 ribu meter persegi (m2) sampai 30.000 m2 di wilayah pinggiran Jakarta.

Ihwal hal tersebut, General Manager Cibinong City Mall Irfan Yudhyarta mengatakan bahwa potensi bisnis ritel di Cibinong masih sangat bagus ke depannya. Terbukti, sampai saat ini, jumlah tenant yang bergabung dengan CMM telah mencapai 80 persen, antara lain Ace Hardware, Electronic Solution, Home Solution, Matahari, Carrefour, Funworld, Informa, dan beberapa tenant lainnya.

"Kami targetkan Cibinong City Mall beroperasi akhir tahun ini, pada Oktober 2013," ujarnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X