Krisis Properti, Qatar Tingkatkan Pinjaman

Kompas.com - 17/06/2013, 10:10 WIB
United Development, pengembang properti Qatar, menambah pinjaman utangnya guna membiayai Pearl Qatar. istimewaUnited Development, pengembang properti Qatar, menambah pinjaman utangnya guna membiayai Pearl Qatar.
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - United Development Co (UDC), pengembang pulau buatan di Doha, akan meningkatkan pinjamannya sebesar  428,4 juta dollar AS atau setara dengan Rp 4,1 triliun dari Qatar National Bank.

Pinjaman tersebut bakal digunakan untuk membiayai pembelian unit perumahan yang tersisa di Qanat Quartier, salah satu dari sepuluh daerah pengembangan Pearl Qatar. Hunian tersebut saat ini oleh Pearl-Qatar Real Estate Co, sebuah lembaga pembiayaan syariah yang didirikan oleh UDC pada tahun 2008.

Kendati memiliki beberapa kontrak infrastruktur serta tenggat waktu perhelatan akbar sepak bola sejagat tersebut, namun sejatinya Qatar belum pulih. Krisis keuangan global terlalu dalam pengaruhnya terhadap perekonomian Negara ini.

Beberapa perusahaan properti pun masih menunda ekspansi dan pengembangan baru. Kondisi pasar properti Qatar saat ini kelebihan pasok (over supply), dan harga merosot drastis. Sementara permintaan terus melemah.

Qatar mendapat dukungan pendanaan sebesar 7,1 miliar dollar AS (Rp 69,2 triliun) untuk memulihkan perusahaan properti yang sedang sekarat, Barwa Real Estate pekan lalu. Mereka membeli beberapa aset utama untuk membantu perusahaan mengurangi tumpukan utangnya.

Qatar sendiri merupakan negara eksportir gas alam cair terbesar di dunia gas, memiliki beberapa kontrak infrastruktur triliunan rupiah. Mereka tengah mempersiapkan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia sepak bola 2022.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.