Ini Dia Gedung Baru "Gangnam Style"....

Kompas.com - 12/06/2013, 19:59 WIB
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Lagu pop berjudul "Gangnam Style" membawa daerah Gangnam di Korea Selatan mendunia. Kini, daerah premium di Seoul, tersebut memiliki gedung baru yang ? melambangkan semangat gaya Gangnam.

Sebenarnya gedung ini hanya mendapat tampilan baru pada "kulit luar"-nya. Jauh sebelum "Gangnam Style" dikenal dunia, perusahaan arsitektur MVRDV dipekerjakan oleh Woon Nam Management Ltd. untuk mengubah Gedung Chungha di Jalan Apgujung tersebut.

Sebelum direnovasi, Chungha yang dibangun tahun 1980-an, itu tampak tidak menyenangkan di antara toko-toko glamor yang menjajakan merek mahal. Padahal, ia menjadi "rumah bagi koleksi aksesoris berbahan kulit asal Perancis, Louis Quatorze, di lantai pertama, kantor perencana pernikahan, perlindungan konsumen, dan dua praktik bedah plastik di lantai kedua.

Bahkan, bangunan 30 tahun itu tertutup baliho yang berisi iklan-iklan serta label-label yang ditempelkan pada permukaannya.

Itu dulu, namun kini Chungha berubah drastis. Tampilan anyarnya merefleksikan kemajemukan masyarakat di sana lewat jendela-jendela berbagai ukuran di sekitar bangunan.

Tidak hanya unik, bangunan ini juga dilengkapi dengan LED berbagai warna. Dengan LED ini, setiap malam jendela-jendela tersebut tampil memukau dan menonjol di antara bangunan-bangunan lain.

Realisasi Chungha baru ini berkat kolaborasi dengan InC design (arsitek pendamping dan manajemen proyek), Ain Construction, 1'st Structure, Total LED, dan M&S Ceramic. Karena merekalah, gedung ini memiliki "hidup baru". Jika dahulu bagian eksterior harus dikotori dengan berbagai spanduk iklan, kini para penyewa gedung dapat menempatkan iklan tembus pandang pada ruang khusus di jendela-jendela.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.