Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hotel Unik di Lingkungan Kreatif

Kompas.com - 10/06/2013, 10:58 WIB

KOMPAS.com - Hotel ini tampaknya cocok bagi para muda-mudi yang ingin beristirahat setelah semalaman menikmati penampilan seni pertunjukkan di dalam lingkungan sama. Heyri Theater and Hotel" tidak hanya menawarkan ruang pertunjukkan kontemporer, namun juga sebuah hotel butik di atasnya.

Hotel dan ruang pertunjukkan tersebut merupakan karya BCHO Architects asal Korea Selatan. Struktur ini bertempat di Heyri Art Valley.

Setiap tahunnya, ruang pertunjukkan dalam "Heyri Theater and Hotel" ini menerima beberapa musisi muda, eksperimental, dan musiman. Beberapa hal unik dapat dijumpai di tempat ini. Sebagai contohnya, ruang pertunjukkan memiliki boks-boks ruang VIP.

Alih-alih menonton pertunjukkan dari sisi panggung atau dari balkon, para tamu penting akan menikmati pertunjukkan dari tujuh boks beton khusus. Setiap boks memiliki ruang yang cukup untuk sepasang tamu penting.

Selain memiliki pengaturan tempat duduk unik, ruang pertunjukkan juga memiliki akustik memadai. Ruang mekanis ada di level bawah tanah. Penempatan ini bertujuan untuk memperoleh akustik yang lebih baik dan insulasi termal.

Hal unik kedua adalah adanya kamar-kamar hotel di atas teater. Dua lantai penuh berisi beberapa kamar hotel. Kamar-kamar ini dibalut dengan panel kayu untuk menjamin privasi para tamu, terutama pada bagian teras. Tujuannya, agar satu kamar dengan kamar lain "lebih" terpisah. Sementara lantai atasnya juga memiliki "ruang melihat bulan", lengkap dengan built-in bak mandi air panas.

BCHO Architects atau Byoung Soo Cho Architects dibentuk di Seoul, Korea Selatan, pada 1994. Menurut situs resminya, perusahaan arsitektur ini memiliki fokus pada struktur sederhana dan sangat mempertimbangkan kelestarian alam. Perusahaan ini percaya bahwa bangunan, furnitur, dan seni dibuat, bukan diciptakan.

Perusahaan ini juga mengungkapkan bahwa setiap proyek arsitektur, dalam berbagai ukuran dan program mengeksplorasi fenomena cahaya dan ruang, metode pembuatan dan konstruksi, daur ulang dan penggunaan kembali, serta menggunakan enegi kreatif kolektif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com