Kompas.com - 27/05/2013, 17:43 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com — Firma arsitektur internasional NBBJ baru saja mempresentasikan sebuah proposal pembangunan kantor pusat Amazon di Seattle, AS. Perubahan paling dramatis dari kantor ini berasal dari penambahan tiga gedung berbentuk bola raksasa atau dome dari kaca dan baja yang dirancang sebagai pusat perhatian utama perkantoran ini.

Tak seperti gedung-gedung di sekitarnya, kesan "rumah beton dan kaca" pada gedung ini memang tidak terlihat. Hal itu karena gedung ini juga dibangun dengan area hijau berasal dari pohon-pohon serta rumput di ruang kerja lima lantai di dalamnya yang setinggi 80-90 kaki.

Sisi "hijau" dari kantor Amazon ini nantinya memang punya tempat sendiri karena ruang-ruang kantor di dalamnya seluas lebih kurang 65,000 kaki persegi akan mengakomodasi kehadiran pohon-pohon di sekitarnya.

Ketiga dome kaca itu nantinya akan menampilkan tanaman dari titik tertinggi bangunan hingga ke area pedestrian. Dome berdiameter sekitar 130 kaki itu akan menjadi bagian dari bangunan hijau berjuluk "Block 19" yang didukung dengan kehadiran lapangan atau taman bermain, taman untuk anjing peliharaan, serta lanskap luas. Pembangunan "kampus Amazon" ini ditargetkan selesai pada 2016 mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.