Kompas.com - 23/05/2013, 10:51 WIB
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Thailand, negara dengan keunikan tradisi, berhasil menarik minat kalangan muda China. Mereka tak segan membelanjakan uangnya untuk makanan, relaksasi, fesyen maupun bersenang-senang.

Terdapat 1,12 juta turis China yang berkunjung ke Negeri Gajah Putih ini selama kuartal pertama 2013, meroket pesat 93 persen dari periode yang sama tahun lalu. Sementara sepanjang tahun 2012, pelancong China berjumlah 2,8 juta yang mendatangi seluruh penjuru Thailand.

Angka tersebut jauh lebih tinggi ketimbang jumlah kunjungan mereka ke Indonesia yang hanya mencapai 600.000 orang. Target tahun ini yang ditetapkan pemerintah, meski meningkat, tetap saja berada di bawah Thailand, yakni 1 juta pelancong.

Mengapa jumlah mereka yang datang ke Thailand lebih banyak ketimbang ke Indonesia?

Di Thailand segala sesuatunya murah, baik makanan, transportasi maupun hotel yang nyaman sekaligus menyenangkan. Daya tarik ini jelas membuat turis China suka hati menghambur-hamburkan uangnya. Sebab, di China sendiri harga-harga mulai merangkak naik. Seorang turis China, Ying Ying,  menyewa gedung tiga lantai dengan harga  1.200 dollar AS per malam (Rp 11,6 juta). Namun begitu, itu tak menjadi masalah buat mereka.

Toh, generasi muda China sekarang mampu menghabiskan berjuta-juta rupiah hanya untuk mencicipi enaknya makanan di restoran, berbelanja baju atau berkunjung ke spa mahal setiap hari di negaranya.

Potensi pelancong China ini telah mendorong peningkatan pasar pariwisata Thailand sebesar 105 persen. Industri perhotelannya pun dilaporkan meningkat secara pendapatan per kamar pada 2012 lalu. Lima tahun pasca gejolak politik, pengembang di Thailand berharap turis China juga akan membelanjakan uangnya untuk membeli properti-properti yang mereka bangun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pertambahan kunjungan kalangan muda China ini akan membantu memulihkan perekonomian Thailand,  di mana GDP-nya menyusut 2,2 persen selama kuartal I 2013 ketimbang kuartal sebelumnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X