Kompas.com - 22/05/2013, 11:33 WIB
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com — Pembangunan berkelanjutan yang mengindahkan kaidah-kaidah ekologis, ekonomis, sosiologis, dan humanis harus segera diterapkan di kota-kota yang memiliki kompleksitas tinggi seperti Jakarta. Arsitek diharapkan mengambil peran kunci dan sangat vital dalam implementasi pembangunan berkelanjutan tersebut.

Ketua Umum Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Munichy B Edrees mengatakan, arsitek memiliki hubungan yang sangat erat dengan Bumi. Oleh karena itu, karya arsitektur yang diproduksi pun harus berkelanjutan karena ia dilahirkan oleh dan dari Bumi. Seorang arsitek juga harus mampu membuat Bumi layak ditempati, ramah untuk manusia dan tempat harmonis untuk semua.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Arsitek adalah wakil Tuhan untuk membuat Bumi lebih baik. Arsitek tugasnya memperbaiki sesuatu yang rusak, bukan merusak sesuatu yang sudah baik," ujar Munichy di sela-sela Seminar Nasional Sustainable Architecture dan RUU Arsitek di Jakarta, Rabu (22/5/2013).

Arsitektur berkelanjutan, tambah Munichy, adalah arsitektur berbasis design with nature, yang menjadikan alam sebagai daya dukung kreativitas arsitek, bukan sebagai penghalang. Arsitektur menjadikan alam sebagai basis kreativitas dalam menghasilkan karya arsitektur yang juga terkait erat dengan tantangan aktual yang dihadapinya.

Menurut Dirjen Penataan Ruang Kementerian PU Mochamad Basoeki Hadimoeljono, ada dua tantangan utama dihadapi arsitek saat ini, yakni perubahan iklim dan migrasi urban.

"Karya arsitektur tidak semata ditekankan pada estetika, tetapi juga mengakomodasi kearifan lokal, efisiensi energi, berkelanjutan, dan berkontribusi terhadap perbaikan Bumi secara komprehensif," kata Basoeki.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.